Sanksi Berat Menanti yang Tak Hormati Lagu Kebangsaan China

Perhelatan akbar Partai Komunis China 2017
Sumber :
  • REUTERS/Aly Song

VIVA – Pemerintah China tengah mempertimbangkan hukuman penjara selama tiga tahun bagi orang-orang yang dianggap tidak menghormati lagu kebangsaan atau bendera China di depan umum. Aturan soal lagu kebangsaan ini juga akan diterapkan di Hong Kong.

Panji Gumilang: Memang Kenapa kalau "Assalamualaikum" Terus "Merdeka"?

Presiden China, Xi Jinping sejak tahun 2013 lalu telah meloloskan undang undang baru yang bertujuan mengamankan China dari ancaman baik dari dalam maupun luar perbatasannya. Ia juga menunjukkan sikap keras terhadap perbedaan pendapat dan kebebasan berbicara.

September tahun lalu, China mengeluarkan sebuah undang undang yang mewajibkan penahanan selama 15 hari bagi orang yang dianggap melecehkan lagu kebangsaan. Hal ini juga mencakup wilayah China termasuk Hong Kong dan Makau.

Pertama Kalinya, Seorang Pria Dihukum Karena Hina Lagu Kebangsaan China

Saat ini Parlemen China juga tengah mempertimbangkan memasukkan aturan tersebut ke dalam Hukum Pidana China. Hukuman akan diberikan bagi pelanggar yang tidak menghormati lagu kebangsaan termasuk dengan sengaja mendistorsi lirik atau nada lagu tersebut.

Sanksi yang lebih berat juga berlaku untuk penodaan terhadap bendera atau lambang nasional termasuk pembakaran, perusakan dan penginjakan di depan umum. Draft amandemen ini telah diajukan untuk dimusyawarahkan dalam komisi di Parlemen.

Pemerintah Iran Ancam Timnas jika Tak Mau Menyanyikan Lagu Kebangsaan di Piala Dunia

"Pelanggar dalam hal ini dimungkinkan akan menghadapi hukuman sampai tiga tahun penjara," dituliskan dalam draft tersebut sebagaimana dilansir Reuters, Rabu, 1 November 2017.
 

Lagu kebangsaan Prancis dinyanyikan

Momen Penonton Auto Nyanyi Dari Sabang Sampai Merauke Saat Lagu Kebangsaan Prancis Digaungkan

Usai lagu diputar, penonton yang ada di lokasi secara spontan nyanyi lagu kebangsaan Prancisdengan lirik lagu Dari Sabang Sampai Merauke dikarenakan memiliki irama sama..

img_title
VIVA.co.id
30 November 2023