Aung San Suu Kyi Akhirnya Datangi Wilayah Konflik Rakhine

Aung San Suu Kyi buka suara terkait kekerasan terhadap Rohingya
Sumber :
  • REUTERS/Soe Zeya Tun

VIVA – Penasihat negara dan pemimpin Myanmar secara de facto, Aung San Suu Kyi akhirnya mendatangi Rakhine, wilayah penindasan terhadap ratusan ribu warga Rohingya di Myanmar. Dia diketahui mengunjungi Rakhine dengan menggunakan helikopter militer.

Aung San Suu Kyi Sakit, Junta Myanmar Tolak Permintaan Dokter dari Luar

Dikutip dari laman Reuters, Suu Kyi menginjakkan kaki kembali di Rakhine setelah terakhir kali ke wilayah itu pada tahun 2015. Dia mendatangi Rakhine setelah krisis Rohingya yang terjadi dalam dua bulan terakhir yang menuai protes keras internasional terhadap Myanmar.

Tak hanya Junta Militer, Suu Kyi juga dianggap tidak memperhatikan penderitaan warga Rohingya yang lebih dari 500 ribu disebutkan sudah mengungsi ke Bangladesh. Pada saat pembakaran desa Rohingya, juga terdapat korban tewas termasuk wanita dan anak-anak.

Aung San Suu Kyi Dapat Grasi dari Junta Myanmar

Kalangan aktivis HAM internasional bahkan menilai Suu Kyi tak lagi layak memegang penghargaan Nobel karena bergeming atas Rohingya.

"Dia (Suu Kyi) juga akan pergi ke Maungdaw, saya tidak bisa memberikan informasi lebih rinci," kata Juru Bicara Kantor Suu Kyi, Zaw Htay soal kunjungan itu.

Junta Myanmar Ampuni 5 Kesalahan Aung San Suu Kyi

Rombongan Suu Kyi disebutkan berjumlah hingga 20 orang dengan dua helikopter militer yang berukuran cukup besar.  

Sementara pada bulan lalu, Suu Kyi meluncurkan sebuah inisiatif rehabilitasi terhadap Rakhine dan meminta agar para taipan negaranya berkontribusi untuk hal tersebut. (mus)
 

Aung San Suu Kyi salam tiga jari bentuk protes pada kudeta militer.

Kekejaman Junta Militer Myanmar, Aung San Suu Kyi Tak Dikasih Makan dan Ditelantarkan Saat Sakit

Junta militer Myanmar diduga dengan sengaja membahayakan nyawa tokoh demokrasi yang dipenjara, Aung San Suu Kyi, pada hari Kamis, 14 September 2023.

img_title
VIVA.co.id
15 September 2023