Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 2 November 2017 | 17:22 WIB
  • Mantan Manajer Kampanye Trump Berhubungan Dekat dengan Rusia

  • Oleh
    • Endah Lismartini
Mantan Manajer Kampanye Trump Berhubungan Dekat dengan Rusia
Photo :
  • REUTERS/James Lawler
Mantan Ketua Tim Manajer Kampanye Donald Trump, Paul Manafort.

VIVA –  Mantan manajer kampanye untuk Donald Trump Paul Manafort dikabarkan memiliki tiga paspor, aset jutaan dolar dan hubungan dengan oligarki Rusia. Ia menjadi tahanan rumah dan berhadapan dengan ancaman hukuman yang sangat serius.

Merujuk pada dokumen pengadilan federal  yang berhubungan dengan dakwaan korupsi pajak dan money laundring yang dituduhkan padanya, Manafort, 68 tahun, dan rekannya Rick Gates yang juga bekerja dalam kampanye pemenangan Trump mengaku tidak bersalah atas 12 dakwaan yang disangkakan pada mereka. Dakwaan itu mulai dari pencucian uang hingga tindakannya sebagai agen tak terdaftar dari bekas kelompok Ukraina yang pro pemerintah Rusia.

Menurut Jaksa Federal di Distrik Kolombia, seperti dikutip dari The Guardian, 2 November 2017, Manafort dan Gates menghadapi tuduhan yang serius dengan ancaman diusir tanpa melalui persidangan (flight risk) yang signifikan karena tuduhan yang dikenakan padanya sangat serius, adanya bukti kuat tentang kesalahannya, kekayaan mereka, dan melakukan penipuan.

Dakwaan tersebut muncul setelah pengacara federal Robert Mueller memimpin penyelidikan mengenai dugaan keterlibatan Rusia dalam pemilu AS 2016. Tuduhan tersebut tak terkait langsung dengan kegiatan kampanye Trump. Namun temuan ini mengungkapkan hubungan dekat dengan Rusia dan mencakup kegiatan dari tahun 2006 hingga 2017 yang kemudian tumpang tindih dengan pekerjaan Manafort sebagai Manajer Tim Kampanye Pemenangan Donald Trump.

Kedua orang tersebut kini sudah menjadi tahanan rumah. Keduanya juga sudah menyerahkan paspor mereka. Manafort dikabarkan memiliki obligasi senilai US$10 juta dan Gates memiliki sebesar US$5 juta.

"Kedua terdakwa memiliki hubungan yang substansial di luar negeri, termasuk di Ukraina, di mana keduanya telah menghabiskan waktu dan telah bertindak sebagai agen pemerintah," demikian tertulis dari memorandum pemerintah.  "Dan Manafort dan Gates memiliki hubungan dengan oligarki Ukraina dan Rusia, yang telah memberikan jutaan dolar untuk Manafort dan Gates," tulis pernyataan tersebut.

Manafort telah lama menjadi pendukung Partai Republik sebelum mengalihkan perhatiannya untuk menjadi konsultan politik di luar negeri. Dalam sepuluh tahun terakhir Manafort mengajukan 10 paspor, tapi hanya tiga yang disetujui. (mus)