Selama Perang di Mosul, ISIS Eksekusi Mati 741 Warga Sipil

Kota Mosul, Irak
Sumber :
  • Reuters/Alaa Marjani

VIVA – Sebanyak 741 warga sipil tewas dieksekusi oleh militan ISIS selama pertempuran dan kekuasaan ISIS di Kota Mosul, Irak. Para jihadis juga diduga melakukan penculikan massal, menggunakan manusia sebagai perisai, dan menargetkan orang-orang yang mencoba melarikan diri.

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

"Mereka harus bertanggung jawab atas kejahatan keji mereka," kata Kepala Badan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa Bangsa, Zeid Raad Al Hussein dikutip BBC, Jumat, 2 November 2017. 

Namun dia juga meminta agar tuduhan pelanggaran yang dilakukan oleh pasukan Irak segera diselidiki.

Iran Tangkap Anggota Senior ISIS yang Berencana Ledakkan Kota saat Idul Fitri

PBB juga mengatakan sebanyak 461 warga sipil lainnya tewas akibat serangan udara koalisi militer Amerika Serikat selama fase pertempuran yang paling intensif yang berlangsung selama periode November 2017 sampai dengan Juli 2017.

Menurut laporan yang diterbitkan oleh Misi Bantuan PBB untuk Irak dan Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk HAM, secara total setidaknya 2.521 warga sipil terbunuh dan 1.673 lainnya cedera dalam operasi militer tersebut yang sebagian besar akibat serangan ISIS.

Fakta Terbaru Serangan Mematikan di Moskow Rusia, Ternyata Iran Sudah Lakukan Ini

Dilaporkan bahwa pada awal November 2016, di wilayah-wilayah Mosul di bawah kendali ISIS, anggota kelompok tersebut menggunakan pengeras suara mengumumkan bahwa penduduk daerah yang direbut kembali oleh pasukan keamanan Irak dianggap sebagai target sah untuk dibunuh akibat kegagalan mereka untuk melawan pasukan.

Zeid mengatakan selama operasi untuk merebut kembali kota Mosul, ribuan warga sipil menjadi korban pelanggaran HAM.

"Pembunuhan warga sipil, penderitaan yang ditimbulkan pada keluarga dan penghancuran harta benda yang tidak dapat ditolerir dalam konflik bersenjata. Mereka semua harus bertanggung jawab atas kejahatan keji mereka," katanya. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya