Pemimpin Catalunya Carles Puigdemont Menyerahkan Diri

Presiden Katalunya, Carles Puigdemont.
Sumber :
  • REUTERS/Ivan Alvarado

VIVA – Pemimpin dan inisiator referendum Catalunya, Carles Puigdemont dan empat orang mantan penasihat daerah itu akhirnya menyerahkan diri kepada Kepolisian Belgia. Dilansir BBC, hal tersebut dibenarkan oleh Juru Bicara Kepolisian setempat.

Atheis, PM Ganteng Spanyol Disumpah Tanpa Kitab Suci

Disebutkan bahwa kepastian penahanan atas rekomendasi surat perintah yang dikeluarkan Spanyol akan diputuskan hakim pada Senin, 6 November 2017. Diketahui bahwa surat penahanan terhadap Puigdemont Cs dikeluarkan pada Jumat dua hari silam.

Puigdemont meninggalkan negaranya dan terbang ke Belgia setelah Madrid mengambil alih kepemimpinan di Barcelona menyusul adanya deklarasi kemerdekaan Catalunya. Sementara delapan orang pejabat Catalunya setingkat menteri atas keputusan pengadilan sudah ditahan. Hal itu sempat memicu protes massa pendukung kemerdekaan.

Pedro Sanchez Resmi Jadi Perdana Menteri Spanyol

Sebelumnya Puigdemont mengatakan bahwa dia tidak akan kembali ke Spanyol apabila Madrid tidak mengakomodir forum dialog yang adil. Sementara negara-negara di dunia termasuk Uni Eropa sudah menegaskan tak akan mendukung rencana Catalunya merdeka.

Pengadilan Madrid akan mendakwa Puigdemont Cs dengan pasal pemberontakan hingga penyalahgunaan anggaran pemerintahan daerah otonomi. (mus)

Donald Trump Punya 'Kembaran' Petani Wanita di Spanyol
Tiga menteri penting dalam kabinet baru Spanyol: Menteri Ekonomi Nadia Calviño (kiri), Wakil PM Carmen Calvo (tengah), dan Menteri Keuangan María Jesús Montero (kanan). - EPA

Kabinet Baru Spanyol, Jumlah Perempuan Lebih Banyak

Bentukan Perdana Menteri Spanyol yang baru, Pedro Sanchez.

img_title
VIVA.co.id
7 Juni 2018