Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 5 November 2017 | 21:38 WIB
  • Pemimpin Catalunya Carles Puigdemont Menyerahkan Diri

  • Oleh
    • Ezra Natalyn
Pemimpin Catalunya Carles Puigdemont Menyerahkan Diri
Photo :
  • REUTERS/Ivan Alvarado
Presiden Katalunya, Carles Puigdemont.

VIVA – Pemimpin dan inisiator referendum Catalunya, Carles Puigdemont dan empat orang mantan penasihat daerah itu akhirnya menyerahkan diri kepada Kepolisian Belgia. Dilansir BBC, hal tersebut dibenarkan oleh Juru Bicara Kepolisian setempat.

Disebutkan bahwa kepastian penahanan atas rekomendasi surat perintah yang dikeluarkan Spanyol akan diputuskan hakim pada Senin, 6 November 2017. Diketahui bahwa surat penahanan terhadap Puigdemont Cs dikeluarkan pada Jumat dua hari silam.

Puigdemont meninggalkan negaranya dan terbang ke Belgia setelah Madrid mengambil alih kepemimpinan di Barcelona menyusul adanya deklarasi kemerdekaan Catalunya. Sementara delapan orang pejabat Catalunya setingkat menteri atas keputusan pengadilan sudah ditahan. Hal itu sempat memicu protes massa pendukung kemerdekaan.

Sebelumnya Puigdemont mengatakan bahwa dia tidak akan kembali ke Spanyol apabila Madrid tidak mengakomodir forum dialog yang adil. Sementara negara-negara di dunia termasuk Uni Eropa sudah menegaskan tak akan mendukung rencana Catalunya merdeka.

Pengadilan Madrid akan mendakwa Puigdemont Cs dengan pasal pemberontakan hingga penyalahgunaan anggaran pemerintahan daerah otonomi. (mus)