Surga Penyimpanan Uang Para Miliarder Dunia Terungkap

PM Kanada Justin Trudeau
Sumber :
  • REUTERS/Chris Wattie

VIVA – Dokumen yang berisi tentang tax haven, lokasi penyimpanan uang para miliarder dan perusahaan multinasional dengan suaka pajak terungkap kembali. Mirip dengan Panama Papers, International Consortium of Investigative Journalist (ICIJ) yang merupakan gabungan wartawan dunia mempublikasikan dokumen baru tersebut pada Senin, 6 November 2017.

Ratu Elizabeth II Ternyata Penggemar Arsenal

Temuan ini pertama kali didapatkan surat kabar Jerman Suddeutsche Zeitung hingga kemudian diberi nama istilah Paradise Papers. Suaka pajak tersebut kebanyakan berada di kepulauan Karibia, termasuk Cayman Islands.

Dilansir laman BBC, data tersebut didapatkan dari bocoran dokumen yang dimiliki dua firma yaitu Appleby dan Asiaciti Trust. Data digital tersebut besarnya hingga 1,4 terabytes.

Ratu Elizabeth II Diserang COVID-19, Ini Bahayanya Bagi Lansia

Di dokumen itu dimuat banyaknya poltikus dunia, perusahaan multinasional dan para selebritas yang menyimpan uangnya di negara-negara suaka pajak sehingga tidak mudah dicari jejaknya.

Nama Ratu Inggris Elizabeth II termasuk yang disebutkan di dalamnya dengan investasi uang pribadinya sekitar senilai US$3 miliar atau setara dengan hampir Rp40 triliun. Selain itu disebut pula nama Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Ratu Elizabeth Positif COVID-19 di Usia 95 Tahun, Ini Gejalanya

Memang disebutkan tak ada bukti bahwa Ratu Elizabeth II melakukan penyelewengan pajak. Namun tindakan monarki Inggris itu menyimpan uang di negara suaka pajak dan perusahaan offshore itu dinilai layak dipertanyakan.

Sementara Menteri Perdagangan Amerika Serikat Wilbur Ross juga disebut memilih perusahaan yang ada di Caymans Island untuk saham-saham yang dimilikinya. (ase)

Ratu Elizabeth II.

Ratu Elizabeth II Diisukan Meninggal karena COVID-19, Ini Faktanya

Pihak kerajaan Inggris membantah desas-desus yang mengatakan Ratu Elizabeth II meninggal karena terinfeksi COVID-19. Ratu Elizabeth II hingga kini masih hidup.

img_title
VIVA.co.id
24 Februari 2022