Menyerahkan Diri, Pemimpin Catalunya Dibebaskan Belgia

Presiden Catalunya Carles Puigdemont
Sumber :
  • REUTERS/Ivan Alvarado

VIVA – Aparat Belgia membebaskan pemimpin Catalunya, Carles Puigdemont, yang sebelumnya menyerahkan diri. Belgia membebaskan tokoh Barcelona tersebut atas keputusan hakim yang menilai perlunya proses lebih lanjut atas permintaan penahanan yang dilayangkan Spanyol.

Atheis, PM Ganteng Spanyol Disumpah Tanpa Kitab Suci

Dikutip dari laman Guardian, sebelumnya Puigdemont dan empat penasihat Catalunya menyerahkan diri kemarin. Mereka kemudian sempat ditahan hingga kemudian dibebaskan menunggu proses eksekusi maupun ekstradisi yang dinilai belum rampung. Pembebasan Puigdemont cs diberi jaminan oleh hakim.

Puigdemont terbang ke Belgia setelah otoritas Spanyol mengambil alih kekuasaan pemerintahan di Catalunya pascadeklarasi kemerdekaan wilayah itu. Pengadilan Madrid lebih awal sudah menahan delapan orang politikus Catalunya yang dianggap menjadi aktor referendum untuk merdeka.

Pedro Sanchez Resmi Jadi Perdana Menteri Spanyol

Sementara Menteri Imigrasi Belgia, Theo Francken, sehari sebelum Puigdemont meninggalkan Spanyol sempat mengatakan bahwa hal yang sangat mungkin jika Belgia menawarkan suaka politik kepada Puigdemont.

Namun Puigdemont kemudian membantah kabur untuk mendapatkan suaka. Pemimpin Catalunya itu mengatakan akan kembali apabila Madrid bersedia memberikan forum dialog yang adil dan mendengarkan kembali aspirasi Catalunya alih-alih memperkarakan mereka dengan ancaman hukuman atas pemberontakan dan penyalahgunaan anggaran. (one)

Donald Trump Punya 'Kembaran' Petani Wanita di Spanyol
Tiga menteri penting dalam kabinet baru Spanyol: Menteri Ekonomi Nadia Calviño (kiri), Wakil PM Carmen Calvo (tengah), dan Menteri Keuangan María Jesús Montero (kanan). - EPA

Kabinet Baru Spanyol, Jumlah Perempuan Lebih Banyak

Bentukan Perdana Menteri Spanyol yang baru, Pedro Sanchez.

img_title
VIVA.co.id
7 Juni 2018