Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 6 November 2017 | 11:35 WIB
  • Menyerahkan Diri, Pemimpin Catalunya Dibebaskan Belgia

  • Oleh
    • Ezra Natalyn
Menyerahkan Diri, Pemimpin Catalunya Dibebaskan Belgia
Photo :
  • REUTERS/Ivan Alvarado
Presiden Catalunya Carles Puigdemont

VIVA – Aparat Belgia membebaskan pemimpin Catalunya, Carles Puigdemont, yang sebelumnya menyerahkan diri. Belgia membebaskan tokoh Barcelona tersebut atas keputusan hakim yang menilai perlunya proses lebih lanjut atas permintaan penahanan yang dilayangkan Spanyol.

Dikutip dari laman Guardian, sebelumnya Puigdemont dan empat penasihat Catalunya menyerahkan diri kemarin. Mereka kemudian sempat ditahan hingga kemudian dibebaskan menunggu proses eksekusi maupun ekstradisi yang dinilai belum rampung. Pembebasan Puigdemont cs diberi jaminan oleh hakim.

Puigdemont terbang ke Belgia setelah otoritas Spanyol mengambil alih kekuasaan pemerintahan di Catalunya pascadeklarasi kemerdekaan wilayah itu. Pengadilan Madrid lebih awal sudah menahan delapan orang politikus Catalunya yang dianggap menjadi aktor referendum untuk merdeka.

Sementara Menteri Imigrasi Belgia, Theo Francken, sehari sebelum Puigdemont meninggalkan Spanyol sempat mengatakan bahwa hal yang sangat mungkin jika Belgia menawarkan suaka politik kepada Puigdemont.

Namun Puigdemont kemudian membantah kabur untuk mendapatkan suaka. Pemimpin Catalunya itu mengatakan akan kembali apabila Madrid bersedia memberikan forum dialog yang adil dan mendengarkan kembali aspirasi Catalunya alih-alih memperkarakan mereka dengan ancaman hukuman atas pemberontakan dan penyalahgunaan anggaran. (one)