Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 8 November 2017 | 05:40 WIB
  • 8-11-1960: John F. Kennedy Jadi Presiden Termuda AS

  • Oleh
    • Ezra Natalyn
8-11-1960: John F. Kennedy Jadi Presiden Termuda AS
Photo :
  • REUTERS
Presiden AS, John F. Kennedy

VIVA – Pada 57 tahun lalu, John F.Kennedy terpilih sebagai Presiden termuda Amerika Serikat. Dia juga dicatat menjadi Presiden AS pertama yang beragama Katolik.

Menurut laman History.com, kampanye Pemilu pada saat Kennedy menjadi calon Presiden cukup sengit dan menegangkan publik pada masa itu. Kala itu pula pertama kalinya kandidat Presiden AS tampil berdebat di publik dengan disiarkan stasiun televisi.

Diyakini bahwa debat televisi ini yang menjadi kunci kemenangan Kennedy hingga dia bisa mencuri hati publik AS. Isu-isu yang diangkat dalam debat juga sangat dikuasainya hingga mampu mengalahkan Wakil Presiden saat itu, Richard Nixon.

Padahal Nixon juga sempat melempar isu betapa muda dan tak berpengalamannya Kennedy. Terlebih pada saat itu, AS sedang dalam pergolakan Perang Dingin.

Nixon juga mengklaim keberhasilan dirinya dalam karier politik di partai Republik yang mampu menahan pengaruh Uni Soviet.

Namun Kennedy bisa menangkal isu itu dengan menggambarkan betapa stagnannya kekuatan AS pada masa Presiden Dwight Eisenhower dan Wakil Presiden Richard Nixon, yang berasal dari Partai Republik. Dia juga menyalahkan pemerintahan AS, yang saat itu dipimpin kubu Republik, kehilangan pengaruh di Kuba. (ren)