Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 8 November 2017 | 12:26 WIB
  • Pernikahan Anak-anak Perempuan Presiden yang Kontroversial

  • Oleh
    • Ezra Natalyn
Pernikahan Anak-anak Perempuan Presiden yang Kontroversial
Photo :
  • Wikipedia
Alice Roosevelt

VIVA – Dengan 45 Presiden yang pernah ada di Amerika Serikat, diketahui sedikitnya sudah ada 19 kali pernikahan putri seorang Presiden AS saat ayah mereka masih menjabat. Sebagian besar diadakan di Gedung Putih. Namun ada pula yang dilangsungkan di luar istana kebanggaan itu.

Dilansir web allthepresidentchildren.com, dicatat dari belasan pernikahan itu, sejumlah acara pernikahan menjadi perhatian publik dan tak terlupakan. Hal itu bisa terjadi karena kemegahan, kesahduan pula adanya sisi kontroversi di dalamnya.

Dari deretan pernikahan yang disebut sebagai great weddings itu, pernikahan Alice Roosevelt, putri Presiden AS masa itu, Theodore Roosevelt dan Alice Hathaway Lee, patut dicatat. Pasalnya, Alice yang cenderung eksentrik bersikap sangat bebas di resepsi pernikahannya.

Diketahui sebagai seorang penulis dan sosialita, Alice dengan bebas merokok di mana-mana termasuk di pernikahannya dan menyetir mobil dengan ugal-ugalan. Hal yang dirasa kurang etis dilakukan pengantin pada masanya. Pernikahan Alice dengan anggota Kongres Nicholas Longworth pada saat itu mendapat sorotan luas dan diulas habis-habisan oleh koran The Washington Post.

Sementara pernikahan putri presiden yang juga sempat menjadi buah bibir adalah pernikahan Maria Hester Monroe pada tahun 1920. Maria merupakan putri Presiden AS saat itu, James Monroe. Dia menikah dengan Samuel L Gouverneur yang diketahui masih sepupu jauhnya.

Yang menjadi soal adalah pada pesta dansa pernikahan sembilan hari setelah pemberkatan nikah, terjadi insiden. Commodore Stephen Decatur yang menjadi pemilik rumah pesta dansa ditemukan tewas setelah menerima tantangan duel dari rivalnya.

Akhirnya pesta dansa pernikahan itu dibatalkan dan acara berubah menjadi momen perkabungan. (one)