Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 9 November 2017 | 13:40 WIB
  • Bumil Keguguran Beruntun 5 Kali, Misteri Penyebab Terungkap

  • Oleh
    • Ezra Natalyn
Bumil Keguguran Beruntun 5 Kali, Misteri Penyebab Terungkap
Photo :
  • Pixabay/Pexels
Ilustrasi ibu hamil.

VIVA – Shannon Reed, perempuan yang sudah mengalami lima kali keguguran dalam enam tahun terakhir akhirnya paham akan masalah di tubuhnya. Selama ini, penyebab keguguran itu dianggapnya belum jelas dan misteri.

Dilansir laman Mirror, perempuan asal Prudhoe tak jauh dari New Castle, Inggris itu melalui pemeriksaan secara intens dan mencari tahu secara aktif akhirnya menyadari bahwa dia memiliki sindrom pengentalan darah atau antiphospholipid syndrome (APS).

Kondisi itu menyebabkannya gangguan sistem dalam tubuh ibu hamil atau biasa disingkat bumil dan membuat darah bermasalah ketika sedang mengandung lalu menyebabkan pendarahan hebat hingga keguguran. Calon bayi pertama dan keempat Reed gugur sebelum mencapai usia kandungan 6 bulan. Sementara keguguran kelima pada saat usia kandungannya sudah lewat 6 bulan.

"Jika saya hamil lagi maka saya setiap hari harus mendapatkan suntikan untuk obat darah melalui lengan saya," kata Reed.

Tes terhadap Reed dilakukan sejak tahun 2015 hingga akhirnya kondisi APS yang dialaminya tersingkap. Perempuan itu mengaku bahwa keguguran selama ini juga membuat hubungan dengan pasangannya memburuk. 

Namun Shannon Reed yakin pada suatu saat dia akan hamil kembali dan bisa melahirkan bayinya.