Menyusup ke Perbatasan Korsel, Tentara Korut Ditembak

Wilayah Korea Utara
Sumber :
  • NORTHKOREA-TOURISM/WONSAN REUTERS/Kim Hong-Ji

VIVA – Seorang prajurit Korea Utara terindikasi pihak Korea Selatan mengendap-endap di zona demiliterisasi atau area perbatasan DMZ Korea Selatan dan Korea Utara. Akibatnya prajurit tersebut dilaporkan tertembak dan mengalami luka parah dan sudah dibawa ke rumah sakit.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

Dilansir laman BBC, sekitar 1000 orang berusaha menyeberang dari Korea Utara ke Korea Selatan setiap tahunnya. Namun sangat sedikit yang mencobanya melalui perbatasan DMZ.

Disebutkan oleh pihak Korsel bahwa ini kali keempat, prajurit Korut berusaha mengendap ke wilayah Korsel dalam tiga tahun terakhir. Korea Utara dan Korea Selatan masih mengalami ketegangan meski perang antara keduanya sudah berakhir pada tahun 1953 dengan sebuah perjanjian perdamaian formalitas.

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

Komandan gabungan pasukan Korsel membenarkan bahwa prajurit tersebut menyeberang dan sudah melewati Panmunjom yang menjadi wilayah singgungan antara kedua wilayah.

"Dia menyeberang dari Korea Utara menuju Gedung Kebebasan (gedung ikon perbatasan Korea Selatan)," kata Komandan Pasukan Korsel.

5 Negara dengan Militer Aktif Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia?

Prajurit yang menyusup itu lalu ditembak pada bagian bahunya. Namun disebutkan dalam lima tahun terakhir ada penurunan jumlah penyusup dari Korut ke Korsel mengingat makin ketatnya pengawasan di zona perbatasan khususnya oleh Korea Utara yang disokong China.

Ilustrasi agama di dunia

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Ateisme secara umum merujuk pada ketidakpercayaan terhadap keberadaan Tuhan, dan seseorang yang menganut pandangan ini disebut sebagai ateis. Di Indonesia, hal itu tabu

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024