Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 14 November 2017 | 17:19 WIB
  • 400 Mayat Korban Kekejaman ISIS Ditemukan Satu Lubang

  • Oleh
    • Endah Lismartini,
    • Dinia Adrianjara
400 Mayat Korban Kekejaman ISIS Ditemukan Satu Lubang
Photo :
  • REUTERS/Stringer
Hawija dibebaskan pasukan Irak dari ISIS

VIVA – Teror yang dilakukan oleh kelompok militan ISIS masih menghantui dunia lantaran kekejaman yang dilakukan setiap hari. Baru-baru ini sebuah kuburan massal yang berisi setidaknya 400 korban ISIS ditemukan di dekat benteng jihadis Hawija di Irak utara.

Gubernur wilayah Kirkuk, Rakan Said, mengatakan, serangkaian penemuan mengerikan itu dilakukan di sebuah pangkalan militer, sekitar tiga kilometer dari kota tempat para jihadis melakukan eksekusi.

"Tidak kurang dari 400 orang dieksekusi," kata Rakan. Ia juga mengatakan, beberapa di antaranya yang dijatuhi hukuman mati mengenakan seragam tahanan, sedangkan yang lain mengenakan pakaian sipil.

Dilansir India Times, Selasa, 14 November 2017, ISIS dipaksa keluar dari Hawija, yang jaraknya sekitar 240 kilometer utara Baghdad oleh pasukan Irak pada Oktober lalu, dalam serangan yang menyapu kelompok tersebut. Peristiwa itu mengakibatkan hilangnya sebagian besar wilayah jajahan sejak 2014.

Jenderal Mortada al-Luwaibi mengatakan, tempat pemakaman massal di dekat Hawija itu ditemukan berkat kesaksian dari penduduk setempat, yang diberikan kepada militer Irak.

Saad Abbas, seorang petani dari daerah tersebut mengatakan bahwa selama tiga tahun ISIS mengendalikan wilayah Irak, ia kerap melihat para militan berkeliling dengan mobil sambil membawa tahanan mereka.

"Mereka akan menembak dan kemudian melemparkan ke tanah atau membakar korbannya," kata dia.