Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 14 November 2017 | 17:46 WIB
  • Donald Trump Klaim Kunjungan Perdananya ke Asia Berhasil

  • Oleh
    • Ezra Natalyn
Donald Trump Klaim Kunjungan Perdananya ke Asia Berhasil
Photo :
  • REUTERS/Jonathan Ernst
Donald Trump tiba di Danang, Vietnam

VIVA – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengklaim bahwa kunjungan perdananya ke Asia pada tahun ini berhasil. Dia menyampaikan hal itu setelah harus meninggalkan Manila sebelum KTT ASEAN Plus Three atau APT berakhir dengan alasan jadwal pertemuan sempat molor.

Dilansir Reuters, kunjungan maraton Trump dicapnya berhasil, karena akan membuahkan nilai perdagangan hingga US$300 miliar bagi AS. Namun, Trump memang tidak merinci hal itu kepada para wartawan yang menyertainya di pesawat kepresidenan AS, US Air Force One.

Trump juga bangga bisa menyampaikan pidato sekaligus makan siang dengan para pemimpin negara ASEAN.

"Saya menjelaskan bahwa AS sangat terbuka dengan perdagangan, namun kami ingin resiprokal, perdagangan yang adil bagi AS," kata Trump.

Semangat proteksi perdagangan dengan jargon "America First" diketahui memang sangat kental dalam kunjungan Trump kali ini yang dilakukan ke Korea Selatan, China, Vietnam, dan Filipina.

Sementara itu, dalam KTT ASEAN dengan Amerika dan negara observator lainnya diketahui bahwa perdana menteri Kanada sempat menyinggung soal krisis Rohingya di Myanmar. Namun, menyoal ini tampaknya tidak menjadi perhatian Trump. Terbukti dia tak menyinggung hal itu sama sekali. (art)