Arab Saudi dan Israel Makin Kompak Hadapi Iran

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi
Sumber :
  • REUTERS/Faisal Al Nasser

VIVA – Relasi Arab Saudi dan Israel yang makin kuat semakin terlihat. Koalisi keduanya diduga dijalin untuk menghadapi Iran di kawasan Timur Tengah, negara yang sejak lama menjadi rival Saudi.

Sosok Kriangkrai, PRT Sebabkan Sejarah Berdarah Thailand-Arab Saudi

Dilansir laman BBC, melalui wawancara yang dirilis di koran Saudi, Elaph, salah satu pejabat militer Israel, Jenderal Gadi Eisenkot mengatakan bahwa Israel sangat siap berbagi informasi intelijen dengan Saudi untuk
mengkonfrontasi Iran.

"Ada beberapa kesamaan kepentingan kami dan sejauh ini dalam menghadapi Iran, kami betul-betul ada di pihak yang sama," kata Eisenkot.

Arab Saudi-Thailand Berselisih 30 Tahun karena PRT Pangeran

Sementara itu beberapa hari setelahnya, saat berbicara di salah satu konferensi di Paris, Prancis, mantan Menteri Kehakiman Saudi, Muhammad bin Abdul Karim Issa yang juga dikenal sebagai orang dekat Putra Mahkota Saudi Mohammad bin Salman menegaskan bahwa perbuatan terorisme tak bisa dibenarkan apalagi dengan membawa-bawa nama Islam. Sekalipun, kata dia, aksi terorisme dilakukan di wilayah Israel. Hal itu diberitakan koran Israel, Maariv.

Pernyataan itu menjadi kontroversial karena sangat jarang pejabat negara di wilayah Arab mengeluarkan pernyataan yang justru cenderung berpihak kepada Israel.

Arab Saudi-Thailand Pulihkan Diplomatik Setelah 30 Tahun Tak Akur

Sementara itu faktor Presiden Amerika Serikat Donald Trump dinilai menjadi salah satu penyebab makin eratnya hubungan Israel dan Saudi yang bahkan disebut pada saat ini menjadi sekutu di Timur Tengah.

Trump diketahui sempat mengunjungi Arab Saudi dan Israel beberapa waktu lalu. Kunjungan ini diduga dilakukan sebagai strategi untuk memastikan adanya kekuatan yang bisa mengontrol program nuklir Iran. (ren)

Selama ini perempuan Saudi hanya bekerja di bidang yang terbatas seperti guru dan tenaga kesehatan karena ketatnya pemisahan jender. (Reuters: Hamad I Mohammed)

Lowongan Masinis Perempuan di Saudi Dibanjiri 28 Ribu Pelamar

Sebuah lowongan kerja sebagai masinis perempuan di Arab Saudi dibanjiri oleh 28 ribu pelamar, padahal hanya 30 posisi yang tersedia. Antusiasme perempuan bekerja.

img_title
VIVA.co.id
17 Februari 2022