Ledakan Dahsyat Septic Tank akibat Reaksi Zat Berbahaya

Ilustrasi garis polisi.
Sumber :
  • REUTERS/Shannon Stapleton

VIVA – Sebuah zona septic tank menjadi pusat ledakan yang terjadi di wilayah pelabuhan Megaport Ningbo, China dan menewaskan sedikitnya dua orang serta melukai 20 orang korban lainnya.

Dibangunkan Ledakan, Warga Kiev Sempat Merasa Telat Selamatkan Diri

Ledakan tersebut begitu kuat bahkan terdengar hingga beberapa kilometer jauhnya dan merusak bangunan bekas yang tak digunakan, juga menghancurkan jendela-jendela dan menggoyang mobil-mobil di sekitarnya.

"Kami minum teh dan di bawah ada suara ledakan terdengar sangat keras," kata seorang wanita lokal bermarga Wu seperti dikutip Channel News Asia, Senin, 27 November 2017.

Tambang Emas di Burkina Faso Meledak, Tewaskan 60 Orang

Pemerintah daerah mengatakan melalui salah satu akun media sosial resminya bahwa pada hari Minggu malam dua orang juga dilaporkan hilang setelah ledakan tersebut terjadi. Empat orang terluka parah dan 15 orang lainnya mengalami luka ringan.

Pejabat setempat untuk sementara menduga bahwa penyebab ledakan itu adalah reaksi di septic tank di lapangan kosong. Metana dan hidrogen sulfida, bahan yang keduanya sangat mudah terbakar dapat terbentuk di dalam septic tank.

9 Negara di Dunia yang Paling Ditakuti karena Punya Bom Nuklir

Pihak berwenang melakukan penjagaan di sekitar bangunan yang roboh juga masih menyelidiki penyebab lainnya ledakan di Ningbo, kota di selatan Shanghai dan salah satu pelabuhan terbesar di China itu.

Senin dini hari, penduduk setempat terlihat mulai menyapu tumpukan puing dan kaca akibat. Puing-puing bertebaran di area seluas beberapa ratus Meter.

Pemerintah kota mengidentifikasi lokasi sebagai pabrik yang sudah lama tak digunakan. Sementara saksi mengatakan bahwa lokasi tersebut termasuk kawasan industri rumah tangga yang sangat kumuh dan tidak terkontrol saluran sanitasinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya