Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 28 November 2017 | 13:43 WIB
  • PM Denmark Bertemu Jokowi, Bawa 11 Delegasi Bisnis Besar

  • Oleh
    • Ezra Natalyn,
    • Agus Rahmat
PM Denmark Bertemu Jokowi, Bawa 11 Delegasi Bisnis Besar
Photo :
  • VIVA/Agus Rahmat
Presiden Jokowi dan PM Denmark di Istana Bogor

VIVA – Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Perdana Menteri Kerajaan Denmark Lars Løkke Rasmussen di Istana Bogor, Selasa 28 November 2017.

Upacara kenegaraan mengawali kunjungan kerja PM yang hadir bersama istri, Nyonya Solrun. Sebagai tanda persahabatan, juga dilakukan penanaman pohon di halaman belakang Istana Bogor. 

Setelah itu dilakukan pertemuan bilateral. Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan, kunjungan ini adalah pertama dilakukan PM Lars. Jokowi juga menyinggung bahwa dua tahun lalu Ratu Denmark sudah bertandang ke Indonesia. 

"Dalam kunjungan tersebut kami telah menandatangani deklarasi bersama kemitraan inovatif abad ke-21 dan deklarasi ini menandai era baru hubungan kami. Saya senang karena kunjungan Yang Mulia disertai delegasi bisnis ternama sekitar 11 perusahaan," ujar Jokowi. 

Jokowi mengatakan, hubungan Indonesia-Denmark sangat baik untuk sektor energi baru dan terbarukan serta kemaritiman. 

Sementara itu, PM Lars Løkke Rasmussen mengatakan sangat senang akhirnya bisa berada di Indonesia. 

"Ini merupakan kunjungan pertama saya ke Indonesia sebagai PM. Namun, saya pernah ke sini sebelumnya pada empat tahun lalu dan senang sekali. Saya bahagia bisa kembali," tutur PM Denmark. 

PM Lars mengatakan, hubungan Indonesia dengan Kerajaan Denmark sudah berlangsung lama yakni sejak 1950 atau sudah 67 tahun. Oleh karena itu, sudah banyak kerja sama yang dilakukan kedua negara tersebut. 

"Dalam perjalanannya kami punya hubungan erat seperti di bidang pariwisata dan masyarakat kedua negara juga meningkat," katanya. (art)