Tak Kuat Menahan Malu, Jenderal Korupsi Gantung Diri

Jenderal Zhang Yang
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVA – Seorang jenderal di China yang namanya mencuat beberapa waktu terakhir karena kasus korupsi memilih mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Hal ini terjadi di tengah gencarnya kampanye antikorupsi di kalangan angkatan bersenjata China belakangan ini.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Zhang Yang, mantan Anggota Komisi Militer Pusat (CMC) yang ternama diketahui sempat diselidiki mengenai hubungannya dengan dua jenderal yang telah dihentikan dari jabatannya yakni Guo Boxiong dan Xu Caihou.

Investigasi terhadap jenderal berusia 66 tahun tersebut telah memverifikasi bahwa dia terbukti melanggar disiplin militer, dicurigai memberi dan menerima suap, serta memiliki sejumlah besar aset yang asal-usulnya tidak jelas.

China Gelar Kompetisi Sunat Online, Diikuti Puluhan Dokter Bedah

"Pada siang hari tanggal 23 November (2017), Zhang Yang menggantung dirinya di rumah," tulis kantor berita China, Xinhua seperti dilansir Asia One.

Sumber mengatakan bahwa Zhang yang pernah menjabat sebagai Direktur Departemen Kerja Politik Militer, telah menjadi sasaran penyelidikan meski pemerintah belum mengumumkan ke publik.

Mobil Baru BYD Rp200 Jutaan Mulai Dikirim ke Diler

Kejatuhan Zhang diketahui pada bulan September ketika dia gagal membuat daftar 303 delegasi militer ke kongres utama lima tahun Partai Komunis yang berkuasa bersama dengan anggota CMC lainnya bernama Fang Fenghui.

Namun Zhang dan Fang akhirnya diganti dan tak boleh hadir di kongres tersebut sebagai bagian perombakan kepemimpinan militer atas arahan Presiden Xi Jinping.

Militer China yang termasuk satuan tentara terbesar di dunia tengah menjalani kampanye modernisasi yang ambisius, termasuk kampanye melawan korupsi.

Sejumlah pejabat militer yang masih aktif mengatakan bahwa korupsi di angkatan bersenjata negaranya begitu meluas hingga bisa merusak sistem dan kapabilitas tentara China saat harus maju perang. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya