Gunung Agung Erupsi, Bali Democracy Forum Pindah ke Serpong

Abu vulkanik erupsi gunung Agung Bali
Sumber :
  • REUTERS/Johannes P. Christo

VIVA – Gelaran Bali Democracy Forum atau BDF yang diselenggarakan setiap tahun di Bali terpaksa dipindah lantaran erupsi Gunung Agung di Bali. Menurut Kementerian Luar Negeri, pemindahan dilakukan untuk menjamin kenyamanan delegasi yang akan hadir dalam kegiatan BDF tahun ini.

Pendaki Lansia Ditemukan Tewas di Puncak Gunung Agung, Jasad Ditemukan WNA

"Rencana awal di Bali, Nusa Dua. Namun sebagaimana diikuti, aktivitas di Gunung Agung terus berkembang. Sikon (situasi kondisi) Bali memang normal, tapi erupsi akan mengganggu wilayah Bali sehingga penerbangan dapat tertunda," kata Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik, Cecep Herawan di Jakarta, Kamis, 30 November 2017.

"Maka kami putuskan BDF untuk dipindahkan ke Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong," tambahnya.

Merugi, Seluruh Outlet Toko Buku Gunung Agung Bakal Ditutup Akhir 2023

Kendati dipindahkan, ia menegaskan bahwa semangat substansi dan konten BDF 2017 akan dijaga dan ditingkatkan.

Bali Democracy Forum yang diprakarsai oleh Indonesia dimulai tahun 2008, yang merupakan forum antar-pemerintah yang bersifat inklusif dan terbuka dalam membahas perkembangan demokrasi di kawasan Asia Pasifik.

Netizen Geram Lihat Tingkah Bule Lepas Celana Pamer Alat Kelamin di Puncak Gunung Agung Bali

Forum ini bertujuan untuk mempromosikan dan mendorong kerja sama regional dan internasional di bidang perdamaian dan demokrasi melalui dialog. 

"Konsep awal pendirian BDF adalah berbagi praktik serta pengalaman terbaik. Kita tidak kedepankan demokrasi kita paling benar, tapi kita berbagi dan mencari apa keunggulannya," ujarnya.

Sejauh ini sudah ada 29 delegasi yang menyatakan akan hadir dan ada enam perwakilan organisasi internasional. Kepala negara yang konfirmasi hadir antara lain Presiden Nauru. Sementara di tingkat menteri, sudah ada 16 menteri yang dikonfirmasi hadir, 10 wakil menteri dan sisanya adalah peserta tingkat direktur jenderal. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya