Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 4 Desember 2017 | 11:51 WIB
  • Wanita 27 Tahun Pimpin Kota Termiskin hanya dengan WhatsApp

  • Oleh
    • Ezra Natalyn
Wanita 27 Tahun Pimpin Kota Termiskin hanya dengan WhatsApp
Photo :
  • Instagram Lidiane Leite/Independent.co.uk
Lidiane Leite, Wali Kota yang bermewah-mewah dari uang rakyat miskinnya

VIVA – Salah seorang Wali Kota di Brasil bernama Lidiane Leite dijatuhi hukuman 14 tahun penjara setelah menyalahgunakan bujet daerah yang dia pimpin dengan jumlah fantastis. Lidiane Leite menggelapkan uang hingga jutaan Dolar AS untuk memenuhi gaya hidupnya yang mewah.

Dilansir Independent, gaya hidup Lidiane Leite tercermin dari Instagram perempuan yang masih berusia 27 tahun itu. Dia diketahui sudah memimpin daerah Bom Jardim sejak tahun 2015, wilayah di bagian barat laut Brasil.

Yang mengejutkan, selama ini, Leite memimpin daerah dengan mendelegasikan tugas hanya melalui aplikasi WhatsApp sementara dia tinggal dengan hidup mewah di Sao Luiz yang jaraknya hingga 180 mil dari Bom Jardim. Padahal rakyatnya sebagian besar hidup miskin.

Leite kemudian dijerat hukum dengan kurungan 14 tahun dan masa kurungan 6 tahun di rumah setelah dia terbukti korupsi dengan menyalahgunakan anggaran pendidikan di daerah yang dipimpinnya senilai hingga £4,5 juta atau setara dengan Rp80,6 miliar.

Majunya Leite sebagai Wali Kota diawali dengan lengsernya pacar Leite yang bernama Humberto Dantas dos Santos memimpin kota itu akibat korupsi. Atas sokongan dos Santos, akhirnya Leite bisa menggantikan posisi sang kekasih yang sekarang sudah menjadi mantan pacarnya tersebut.

Sementara Bom Jardim merupakan salah satu kota kecil di Brasil yang berpenduduk sekitar 40 ribu orang. Bom Jardim juga termasuk dalam kota termiskin di negara itu.