Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 5 Desember 2017 | 06:06 WIB
  • 05-12-1945: Skuadron Bomber AS Hilang Misterius di Bermuda

  • Oleh
    • Ezra Natalyn
05-12-1945: Skuadron Bomber AS Hilang Misterius di Bermuda
Photo :
  • REUTERS/Mike Segar
Perairan Bermuda

VIVA – Pada 5 Desember 1945 diumumkan hilangnya skuadron pesawat tempur Amerika Serikat jenis torpedo bomber setelah terbang dari pangkalan udara Ft. Lauderdale di Florida dalam latihan rutin yang digelar selama tiga jam.

Penerbangan lima pesawat ditambah satu pesawat dengan sebutan Flight 19 itu seharusnya terbang hingga 120 mil ke timur dan ke utara 73 mil sebelum kembali ke pangkalan. Namun, sayangnya, skuadron pesawat tempur itu tak pernah kembali.

Dilansir laman History.com, dua jam setelah penerbangan, komandan skuadron melaporkan bahwa kompas yang digunakannya tak berfungsi. Pula, kata dia, kompas cadangan tak bisa memastikan posisi terbangnya. Disinyalir terakhir, kelompok penerbang berada di atas perairan Bermuda.

Diduga ada kerusakan dari laporan para penerbang. Namun, sayangnya kontak radio yang dilakukan stasiun militer di darat tak berhasil mencari tahu lokasi lima pesawat tempur tersebut.

Beberapa stasiun radio mengidentifikasi bahwa pesawat-pesawat itu sempat berada di utara Bahama dan bagian Pantai Florida. Satuan pencarian dan penyelamat secara besar-besaran pun sempat diturunkan ke dua lokasi itu.

Namun, hasil pencarian sama sekali nihil. Satu skuadron tersebut ibarat hilang tanpa jejak.

Baik pilot dan pendamping maupun pesawat dan puingnya, tak pernah ditemukan di lokasi yang diidentifikasi. Hilangnya para penerbang dan marinir tersebut benar-benar tanpa jejak. Meskipun diduga bahwa mereka terseret badai, hilangnya skuadron torpedo bomber AS hingga kini masih menjadi misteri segitiga Bermuda. (art)