05-12-1945: Skuadron Bomber AS Hilang Misterius di Bermuda

Perairan Bermuda
Sumber :
  • REUTERS/Mike Segar

VIVA – Pada 5 Desember 1945 diumumkan hilangnya skuadron pesawat tempur Amerika Serikat jenis torpedo bomber setelah terbang dari pangkalan udara Ft. Lauderdale di Florida dalam latihan rutin yang digelar selama tiga jam.

5 Pesawat Militer Terbaik dengan Baling-Baling

Penerbangan lima pesawat ditambah satu pesawat dengan sebutan Flight 19 itu seharusnya terbang hingga 120 mil ke timur dan ke utara 73 mil sebelum kembali ke pangkalan. Namun, sayangnya, skuadron pesawat tempur itu tak pernah kembali.

Dilansir laman History.com, dua jam setelah penerbangan, komandan skuadron melaporkan bahwa kompas yang digunakannya tak berfungsi. Pula, kata dia, kompas cadangan tak bisa memastikan posisi terbangnya. Disinyalir terakhir, kelompok penerbang berada di atas perairan Bermuda.

Jepang Akan Jual Jet Tempur, Tinggalkan Pasifisme Pasca Perang

Diduga ada kerusakan dari laporan para penerbang. Namun, sayangnya kontak radio yang dilakukan stasiun militer di darat tak berhasil mencari tahu lokasi lima pesawat tempur tersebut.

Beberapa stasiun radio mengidentifikasi bahwa pesawat-pesawat itu sempat berada di utara Bahama dan bagian Pantai Florida. Satuan pencarian dan penyelamat secara besar-besaran pun sempat diturunkan ke dua lokasi itu.

Kisah Operasi Rahasia Jenderal Benny Moerdani, Borong 32 Pesawat Tempur dari Israel

Namun, hasil pencarian sama sekali nihil. Satu skuadron tersebut ibarat hilang tanpa jejak.

Baik pilot dan pendamping maupun pesawat dan puingnya, tak pernah ditemukan di lokasi yang diidentifikasi. Hilangnya para penerbang dan marinir tersebut benar-benar tanpa jejak. Meskipun diduga bahwa mereka terseret badai, hilangnya skuadron torpedo bomber AS hingga kini masih menjadi misteri segitiga Bermuda. (art)

Anggota Komisi I DPR RI, Bobby Adhityo Rizaldi

DPR Minta KSAU Tonny Perkuat Postur Pertahanan Udara

Anggota Komisi I DPR RI berharap Marsekal Tonny yang baru dilantik sebagai KSAU bisa memperkuat postur pertahanan udara. Tonny dinilai pilihan terbaik Jokowi.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024