Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 6 Desember 2017 | 18:54 WIB
  • Ribuan Perempuan Saudi Berhasil Miliki SIM

  • Oleh
    • Endah Lismartini
Ribuan Perempuan Saudi Berhasil Miliki SIM
Photo :
  • REUTERS/Faisal Al Nasser
Perempuan di Arab Saudi mengendarai mobil

VIVA – Keluarnya izin mengemudi bagi perempuan di Saudi mendapat respons luar biasa. Ribuan perempuan sudah berhasil mendapatkan lisensi itu.

Setelah Kerajaan Saudi mengeluarkan izin yang membolehkan perempuan mengemudi mobil sendiri, antusiasme langsung melonjak. Sejak pengumuman resmi hingga saat ini, jumlah lisensi yang dikeluarkan untuk perempuan sudah mencapai 7.550 lisensi.

Diberitakan oleh Arab News, Rabu 6 Desember 2017, jumlah itu adalah jumlah total perempuan Saudi yang mengajukan lisensi dari tiga negara, yaitu Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Yordania. Pengajuan lisensi itu juga memberi masukan hingga 11,627 juta riyal Saudi atau hampir sekitar Rp4 miliar.

Para perempuan ini berhak memperoleh lisensi mereka setelah mengikuti kursus dan pelatihan mengemudi selama 22 jam. Mereka juga wajib lulus tes.

Kampus Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud (IMSIU) di Riyadh menjadi kampus pertama yang membahas perempuan pengendara. Anggota Dewan Shoura, telah membahas pentingnya mengemudi bagi perempuan. Forum ini kemudian diikuti oleh lokakarya di universitas untuk mendidik siswa perempuan dan meningkatkan kesadaran mereka tentang mengemudi.

Keputusan untuk mengizinkan perempuan mengemudi di Kerajaan Saudi akan mulai berlaku pada Juni 2018.

Juru bicara IMSIU Ahmed Al-Rakban mengatakan kepada Al-Watan, "Kami menghargai apa yang telah dilakukan universitas untuk perempuan yang akan mulai mengemudi tahun depan. Kesepakatan telah ditandatangani antara universitas dan Departemen Lalu Lintas dalam hal ini, dan Direktur Jenderal Lalu Lintas mengunjungi universitas tersebut dan mendiskusikan masalah ini dengan banyak spesialis teknik dan keselamatan," kata Al-Rakban.

Al-Rakban juga mencatat bahwa sekolah mengemudi untuk perempuan telah didirikan di banyak universitas, dan mungkin ada sekolah lain di luar universitas yang memungkinkan siswa dan staf perempuan mendapatkan lisensi mengemudi mereka dengan mudah.

Syarat-syarat yang ditetapkan oleh Kerajaan Saudi untuk memperoleh lisensi adalah berusia minimal 18 tahun dengan lisensi swasta atau 20 tahun untuk lisensi publik, tidak memiliki catatan tentang penggunaan obat terlarang, berbadan sehat, lulus tes mengemudi, membayar biaya yang ditentukan, dan bagi WNA memiliki tempat tinggal resmi di Kerajaan Saudi.