Paus Fransiskus Minta Pertahankan Status Quo Jerusalem

Paus Fransiskus saat bertemu Presiden Palestina, Mahmoud Abbas
Sumber :
  • REUTERS/Alberto Pizzoli/Pool

VIVA – Tokoh umat Katolik, Paus Fransiskus meminta agar posisi status quo Jerusalem tetap dipertahankan. Pernyataan tersebut disampaikan Paus, menjelang pengumuman resmi Presiden Amerika Serkat, Donald Trump yang akan mendukung Jerusalem sebagai ibu kota Israel.

Top Trending: Sosok Ratu Judi Asal Israel Hingga Paus Puasa Nonton TV 35 Tahun

"Saya tidak bisa membungkam keprihatinan mendalam saya, atas situasi yang telah muncul dalam beberapa hari ini. Pada saat yang sama, saya sangat mengharapkan semua orang untuk menghormati status quo kota tersebut, sesuai dengan resolusi PBB yang relevan," kata Paus dalam pidato mingguannya seperti diberitakan oleh Arab News, Rabu 6 Desember 2017.

Vatikan menyampaikan, pernyataan Paus itu disampaikan sehari, setelah dia berbicara melalui telepon dengan Presiden Palestina Mahmud Abbas. Namun, pusat umat Katolik itu tidak merinci lebih jauh pembicaraan apa lagi yang terjadi antara Paus dan Mahmoud Abbas.

Paus Fransiskus Puasa Nonton TV Selama 35 tahun, Ini Alasannya

"Yerusalem adalah kota yang unik, suci bagi orang Yahudi, Kristen, dan Muslim," katanya.

Paus menambahkan bahwa itu adalah rumah bagi situs yang dianggap suci oleh pengikut tiga agama monoteistik utama. Yerusalem, kata dia, memiliki peran sebagai "panggilan khusus untuk perdamaian."

Pertemuan Presiden Jokowi dengan Paus Fransiskus Tengah Dibahas Kemenlu, Menurut Mensesneg

"Saya berdoa kepada Tuhan, agar identitas ini dipertahankan dan diperkuat, demi Tanah Suci, Timur Tengah, dan seluruh dunia, dan kebijaksanaan dan kehati-hatian itu berlaku," katanya.

Paus menambahkan bahwa mempertahankan status quo itu penting, agar tidak menambahkan unsur ketegangan baru ke dunia yang sudah tidak stabil yang diliputi oleh begitu banyak konflik yang kejam.

Gus Yahya dan Gus Ipul hadir ketika PBNU melakukan kegiatan halal bi halal

Gus Yahya Sebut Rencana Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia Sudah Didengar Sejak 2018

Rencana Paus Fransiskus berkunjung ke Indonesia waktu itu tertunda karena Covid-19.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024