RI Ingin AS Timbang Ulang soal Ibu Kota Israel di Yerusalem

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi
Sumber :
  • VIVA/Dinia Andrianjara

VIVA – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengaku telah menerima informasi mengenai rencana pemerintah Amerika Serikat, yang akan mengumumkan pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Parasit Berbahaya Terungkap dari Toilet di Yerusalem

Beredar kabar, Presiden AS Donald Trump akan mengumumkan hal itu pada Rabu 6 Desember 2017, pukul 1 siang waktu Washington DC. 

Retno mengatakan, telah berkomunikasi dengan Duta Besar AS di Indonesia, Joseph Donovan untuk menanyakan kembali perihal rencana tersebut. Dubes Donovan pun mengakui, menerima informasi yang sama dari pemerintah pusat di Washington.

7 Fakta Menarik Yerusalem yang Jarang Diketahui, Kota Suci 3 Agama

"Jadi, kita asumsikan rencana itu ada. Kita masih berharap, Pemerintah AS akan mempertimbangkan kembali untuk tidak melakukan itu," kata Retno di Serpong, Tangerang, Rabu 6 Desember 2017. 

Pemerintah Indonesia sejak beberapa hari terakhir juga telah menyampaikan kekhawatiran mendalam terkait rencana pengakuan Yerusalem tersebut. Sebab, jika rencana itu dilakukan, dikhawatirkan akan membahayakan proses perdamaian dan membahayakan perdamaian itu sendiri.

Batu Mencurangi Timbangan Umur 2.700 Tahun Ditemukan di Yerusalem

"Kita juga khawatir pengumuman itu akan menciptakan instabilitas di kawasan Timur Tengah. Jadi posisi kita sangat jelas," ujarnya. 

Selain itu, Retno juga mengatakan telah berkomunikasi dengan para menteri luar negeri negara-negara Muslim, dalam hal ini Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), mengenai kemungkinan akan diadakannya sesi khusus untuk membicarakan hal ini. Menurutnya, hal ini perlu dilakukan untuk merespons situasi tersebut.

Tindakan Trump ini dikhawatirkan akan membawa implikasi besar pada proses perdamaian yang terus dibicarakan di Palestina. Apalagi, aneksasi Israel di wilayah Jerusalem Timur pada 1967 dan upaya pendudukan yang terus terjadi setelahnya, masih dianggap tindakan yang ilegal oleh PBB.

Bagi Palestina, yang sebagian besar penghuninya beragama Islam, sebagian wilayah Jerusalem terdapat situs-situs suci umat Islam. Kelompok aktivis pejuang Palestina menegaskan, perlawanan mereka untuk mempertahankan Jerusalem membawa implikasi.

Di seluruh Timur Tengah, pemimpin pemerintahan, dan kelompok ekstremis, jika AS meneruskan rencana itu, maka itu akan dianggap sebagai sebuah alasan untuk melawan Israel, Amerika, dan sekutu mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya