Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 8 Desember 2017 | 11:54 WIB
  • Republik Ceko Ikut Akui Yerusalem Ibu Kota Israel?

  • Oleh
    • Ezra Natalyn
Republik Ceko Ikut Akui Yerusalem Ibu Kota Israel?
Photo :
  • REUTERS/Ammar Awad
Kota Suci Yerusalem.

VIVA – Tak lama setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, dilaporkan bahwa Republik Ceko juga ikut menyatakan dan mengakui hal yang sama. Hal tersebut diberitakan oleh media-media di Israel seperti Times of Israel, Jewishpress dan Jerusalem Post.

"Republik Ceko baru-baru ini, sebelum akhirnya damai antara Palestina-Israel ditandatangani, mengakui Yerusalem secara de facto adalah ibu kota Israel dengan mengacu pada garis demarkasi tahun 1967," disebutkan dalam rilis Kementerian Ceko sebagaimana dilansir Jerusalem Post.

Disebutkan bahwa Republik Ceko bersama dengan negara-negara Uni Eropa memang sudah mempertimbangkan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Namun menariknya, Yerusalem didorong mereka untuk juga menjadi ibu kota bagi Palestina yang tengah berkonflik dengan Israel. Diketahui bahwa Palestina memang menginginkan Yerusalem bagian timur akan menjadi ibu kotanya pada masa mendatang.

Sementara Times of Israel pada Kamis, 7 Desember 2017 juga memberitakan bahwa Republik Ceko memang mengakui Yerusalem bagian barat sebagai ibu kota Israel.

Namun bedanya dengan AS, Ceko menyatakan belum mempertimbangkan pemindahan Kedubes Ceko untuk Israel ke Yerusalem. Hal itu baru akan dilakukan setelah dicapai negosiasi antara dua negara yang sedang bersengketa.