Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 8 Desember 2017 | 18:17 WIB
  • Putra Mahkota Arab Saudi Beli Lukisan Yesus Termahal Dunia

  • Oleh
    • Ezra Natalyn
Putra Mahkota Arab Saudi Beli Lukisan Yesus Termahal Dunia
Photo :
  • Christie's New York/Handout via REUTERS/File Photo
Lukisan Kristus 'Salvatore Mundi' karya Leonardo da Vinci

VIVA – Setelah sempat dirahasiakan oleh yayasan lelang, akhirnya terungkap bahwa Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman atau MBS, adalah pembeli lukisan bertema Yesus Kristus, yang diberi nama “Salvator Mundi”, yang paling mahal di dunia. Lukisan karya maestro Leonardi da Vinci tersebut bernilai US$450 juta atau setara dengan hampir Rp6 triliun dengan nilai kurs pada saat ini.

Setelah dilelang beberapa lama lalu, Pangeran MBS diketahui merupakan figur yang ternyata sanggup membeli lukisan tersebut dengan angka tertinggi. Hal ini diungkap oleh intelijen Amerika Serikat sebagaimana dilansir Business Insider.

Pangeran MBS merupakan figur yang sangat kuat di negaranya saat ini. Calon pewaris tahta kerajaan Saudi tersebut merupakan pemimpin muda yang didengarkan oleh sang ayah, Raja Salman.

Dia juga terkenal di kalangan anak muda Saudi. Apalagi MBS baru-baru ini melakukan terobosan dengan mendirikan Komite Antikorupsi Saudi yang sudah menangkap belasan pangeran dan pejabat di Saudi akibat kasus korupsi.

MBS juga ditengarai berpikiran lebih moderat. Hal itu pernah diakuinya saat wawancara dengan Guardian yang mengatakan ingin kembali membawa Saudi menjadi negara moderat dan tidak dipengaruhi konservatisme yang justru datang belakangan. MBS juga menyiapkan wilayah ekonomi liberal di negaranya yang akan dibangun dengan resor dan fasilitas wisata seperti Dubai. (ren)