Trump, Presiden yang Main di Area Reality Show

Presiden AS Donald Trump.
Sumber :
  • Reuters/Carlos Barria

VIVA –  Keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel pekan lalu, terus menuai kecaman dan opini dari berbagai pihak. Salah satunya disebutkan sebagai suatu "pengalihan isu" dari kondisi dalam negeri AS yang sebenarnya sedang tidak sehat.

Australia Batalkan Akui Yerusalem Sebagai Ibu Kota Israel

Pengamat Politik Amerika Serikat, Suzie Sudarman mengatakan, Amerika Serikat punya cara untuk menenangkan kelas bawah. Biasanya kelas bawah selama ini dibuai dengan berbagai macam media dan kenyamanan, sehingga mereka lupa bahwa mereka adalah 'kelas bawah'.

"Di Amerika yang punya kekayaan itu hanya satu persen, 99 persen lainnya tersisihkan. Jadi saat orang Amerika mulai paham bahwa hidup mereka tidak menjadi semakin baik, proses legitimasi itu harus diwujudkan kembali," kata Suzie di DPP Taruna Merah Putih, Jakarta Pusat, Kamis, 14 Desember 2017.

Parasit Berbahaya Terungkap dari Toilet di Yerusalem

Suzie menilai, Donald Trump adalah sosok pemimpin yang bermain di media 'reality show', yang akhirnya tahu bagaimana kondisi bangsa Amerika. Karena pada dasarnya orang-orang asli kulit putih atau white supremacy yang semula tidak mendukung, justru berbalik dan mendukung.

"Jadi dia (Trump) tahu persis bagaimana mengelola opini publik," ujar akademisi Universitas Indonesia tersebut. Menurutnya, Trump merupakan seseorang yang dibutuhkan kapitalis Amerika untuk menggantikan legitimasi dari sistem yang saat ini mulai dipertanyakan.

7 Fakta Menarik Yerusalem yang Jarang Diketahui, Kota Suci 3 Agama

"Saat semua sistem goncang, dia harus mencari jalan lain. Jadi semacam proses legitimasi baru yang dicari lewat orang-orang kanan," ujarnya.

Bethlehem, Yerusalem.

Terungkap, Ibu Kota yang di Klaim Zionis Israel Pernah Dilanda Gempa Dahsyat

Sebuah penemuan terbaru oleh para arkeolog mengungkapkan bahwa wilayah Yerusalem mengalami gempa bumi hebat sekitar 2.800 tahun yang lalu. Penemuan ini didasarkan kotanya

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2024