Merasa Dicurangi, Rieke Gugat Hasil Pilkada Jabar ke MK

Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki jalani tes kesehatan
Sumber :
  • ANTARA/Agus Beben

VIVAnews - Pasangan Rieke Diah Pitaloka - Teten Masduki tidak menerima hasil rekapitulasi hasil pemilihan gubernur yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah Jawa Barat, Minggu 3 Maret 2013. Hasil itu menempatkan pasangan Ahmad Heryawan (Aher) - Dedy Mizwar sebagai pemenang. Tim Rieke menyatakan hasil ini dicapai dengan penuh kecurangan.

"Akan kami laporkan ke Mahkamah Konstitusi (MK) dalam waktu tiga hari ke depan, terkait laporan kecurangan Pilgub Jabar ini," kata anggota Tim pemenangan pasangan Rieke - teten, Waras Wasisto usai rekapitulasi dikantor KPUD Jabar.

Berdasarkan hasil rekapitulasi yang dilakukan oleh KPUD Jabar, Rieke-Teten memperoleh 5.714.997 suara, terbanyak ke dua setelah pasangan Aher - Dedy yang memperoleh suara terbanyak dengan 6.515.313 (32,6 %) suara. Kemudian disusul pasangan Dede Yusuf - Lex Laksamana dengan 5.077.522 suara, Irianto Mahfudz Sidiq Syafiudin (Yance) - Tatang Farhanul Hakim mendapat 2.448.358 suara, dan pasangan Dikdik Mulyana Arief Mansyur - Cecep Nana Suryana Toyib memperoleh 359.233 suara.

KPUD Jabar mencatat,  ada 20. 115.423 yang dinyatakan sah. Sedangkan, sebanyak 598.356 suara dinyatakan tidak sah. Sehingga, total suara yang dihitung KPUD Provinsi Jabar adalah 20.713.779 suara, dari jumlah DPT 32.560.890.

Tim Rieke menyatakan hasil ini tidak sesuai dengan fakta di lapangan. Karena kecewa, Tim Rieke melakukan walkout sebelum penghitungan suara selesai dilakukan oleh KPUD Jabar. "Kami WO karena kami merasa dicurangi dan dipecundangi. Ada beberapa daerah yang dalam hitungan tim kami menang, tapi di KPU kalah dan tidak digubris oleh KPU," ujar Waras.

Sementara itu, Sekretaris Tim Pemenangan Rieke, Abdy Yuhana mengatakan, pasangan nomor urut 4 yang keluar sebagai pemenang telah melakukan kecurangan yang sistematis, terorganisir, dan masif. "Kami akan melaporkan tiga kecurangan yang kami sinyalir dilakukan oleh pasangan nomor 4 yang merupakan incumbent," ungkap Abdy.

Menurut Abdy, salah satu kecurangan yang dilakukan pasangan Aher-Dedy adalah pemberian bantuan sosial dari dana APBD untuk setiap kelurahan. "Bayangkan, dana bagi bantuan desa tersebut nilainya meningkat hingga 1.000 persen dari tahun 2012 yang hanya sebesar Rp249 miliiar, menjadi Rp4,8 trilliun di tahun 2013," ujar Abdy. "Dan, dana ini diberikan kepada kepala desa se-Jabar saat hari tenang tanggal 22-23 Februari 2013 lalu."

Selain itu, tambah Abdy, lapporan ke MK juga akan memuat dugaan adanya pengurangan suara pasangan Rieke - teten secara masif di kantong suara pasangan yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini. Pengurangan ini,kata Abdy, membuat suara Aher - Dedy melambung.

"Kami menduga adanya penggelembungan suara bagi pasangan nomor urut empat di beberapa daerah. Seperti tidak berhaknya para buruh di Karawang, Bekasi, dan Depok, untuk memilih ketika Pilgub dengan alasan masuk kerja sesuai shift-nya, sehingga tak bisa mencoblos saat tanggal 24 Februari lalu," terang Abdy.

Catatan-catatan pelanggaran yang telah dikumpulkan oleh pasangan Rieke - Teten itu dikumpulkan dalam 77 halaman laporan, berasal dari 26 kabupaten dan kota di Jabar. Laporan tersebut sudah disusun dengan rapi dan akan dikirimkan tiga hari setelah penetapan rekapitulasi hari ini. "Insya Allah, hari Kamis nanti, laporan akan sampai ke MK," kata Abdy.

Jangan lapor

Menanggapi tudingan ini, Aher meminta pasangan Rieke - Teten tidak membesa-besarkan masalah itu. Sebab, jika berlarut-larut, maka yang akan menerima imbasnya adalah rakyat Jabar. "Saya berharap jangan ada masalah besar, kasihan rakyat," kata Aher.

Dia berharap semua pihak bisa menerima hasil rekapitulasi KPU ini. Aher mengatakan, setiap pesta demokrasi selalu memhasilkan pemenang dan yang kalah. Bahkan, tambah dia, Setiap pasangan calon secara bersama-sama telah menandatangani pernyataan siap kalah dan menang. "Kami berharap kandidiat nomor 5 (Rieke-Teten) tidak memperpanjang pesta ini, hari ini pula selesai. Kita buka lembaran baru di Jawa Barat," katanya.

Pria yang karib disapa Aher ini mengatakan, hasil pemilihan ini bukanlah kemenangannya seutuhnya. Kemenangan ini, kata dia, menjadi milik seluruh rakyat Jabar. "Jangan ada pengkotak-kotakaan politik lagi, mari kita bangun Jabar dengan seluruh potensi yang ada," terang Aher. "Mari kita tutup pesta demokrasi, selesai sudah. Kita buka lembaran pengabdian, halaman satu, dua, dan berikutnya untuk Jawa Barat."

Sementara itu, Dedy Mizwar mengatakan, hasil pemilihan ini merupakan kemenangan bagi lima pasangan calon yang ikut Pilgub. "Inilah demokrasi di Jabar, siapa yang dipercaya, semua adalah orang-orang yang dipercaya. Semuanya dipilih kan oleh masyarakat Jabar?" katanya.

"Hanya saja, mungkin Allah lebih mempercayakan kepada kami, jika memang empat pasangan calon lainnya mau bersinergi kita bangun Jabar bersama-sama," Deddy Mizwar menambahkan.

Deddy juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Jabar yang telah bersama memilih pasangan nomor urut 4. "Tidak ada yang lebih penting selain masyarakat Jabar. Kampanye kemarin menjadi kekuatan kami untuk membangun dan memberikan yang terbaik bagi rakyat Jabar, tidak ada yang menang dan kalah, yang menang adalah rakyat Jabar," katanya.

Parkir Cuma Sebentar, Mobil Ini Ditagih Rp48 Juta di Tangerang

Secaraterpisah, Rieke mengatakan hasil pemilihan gubernur ini bukan berarti membuat ppengabdiannya untuk masyarakat terhenti. Bagi Rieke, pengabdian tidak harus menjadi gubernur. Pengabdian bisa dilakukan di mana pun dan sebagai apapun. "Apapun hasilnya, perjuangan saya belum padam," katanya.

Optimis

Aher merupakan calon incumben. Dia terpilih untuk keduakalinya, untuk periode 2013-2018. Soal kemampuan, dia sudah membuktikan di lima tahun pertama masa pemerintahannya. Namun, sejumlah orang masih ragu terhadap kemampuan pasangannya, Dedy Mizwar. Profesi Dedy sebagai artis dinilai belum terbukti mampu memimpin Jabar sebagai Wakil Gubenur.

Namun, Aher meminta masyarakat tidak ragu terhadap kemampuan Dedy. Dia menjamin Dedy Mizwar mampu mendampingi dan bekerja sebagai wakil gubernur dengan baik. Keraguan itu, kata dia, juga pernah menghampirinya saat pemilihan gubernur pada 2008 silam.

"Dulu saja saya juga banyak yang nanya, dan meragukan jika Aher bisa menjadi Gubernur Jabar. Buktinya saat ini saya dipilih kembali oleh rakyat Jabar," katanya.

Politisi PKS ini berjanji akan membimbing dan membawa Deddy Mizwar untuk bersama-sama membangun dan menata Jabar lima tahun kedepan. "Insya Allah Deddy Mizwar bisa membangun bersama jabar di semua sisi permasalahan yang terjadi di Jabar."

Sementara itu, Deddy Mizwar mengatakan, mulai sekarang dirinya akan belajar mengenai manajemen pemerintahan "Ya nanti kan saya belajar, pelantikan juga masih bulan Juni nanti. Masih ada waktu untuk belajar," terang Deddy Mizwar.

[dok. SKK Migas]

SKK Migas: Komersialisasi Migas Harus Prioritaskan Kebutuhan Dalam Negeri

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) berkomitmen untuk terus meningkatkan komersialisasi minyak dan gas bumi (migas) di Tanah

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024