Jakarta Akan Bentuk Lembaga Dana Gakin

Antrean Warga Miskin Kediri
Sumber :
  • Surabaya Post

VIVAnews - Pemerintah Jakarta akan membentuk Lembaga Teknis Daerah (LTD) sejenis Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) untuk mengelola dana Jaminan Pelayanan Kesehatan bagi keluarga miskin (JPK-Gakin) dan pemilik Surat Tanda Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

Saat ini rencana pembentukan badan lembaga tersebut tengah dikaji oleh Dinas Kesehatan Jakarta.  Rencananya, lembaga ini sudah bisa beroperasi paling lambat tahun 2011.

Usulan pembentukan lembaga tersebut mencuat setelah adanya wacana menunjuk perusahaan asuransi sebagai pengelola dana JPK- Gakin di Jakarta terkendala masalah UU No 32/1992 tentang kesehatan yang menyebutkan pengelolaan Gakin bisa diserahkan pada perusahaan asuransi yang berorientasi pada sosial bukan komersil.

Kendala lainnya yakni pengelolaan dana Gakin melalui perusahaan asuransi akan membatasi klaim dana yang diajukan oleh warga, karena keterbatasan premi yang dibayarkan pemerintah Jakarta.

Ketua Komisi E DPRD Jakarta Igo Ilham, Rabu 19 Mei 2010, mengatakan tujuan pembentukan BLUD itu  agar pengelolaan dana Gakin bisa lebih profesional dan pencairan dana bisa lebih mudah dilakukan.

Menurutnya, selama ini dana Gakin dikelola oleh suku dinas dan Dinas Kesehatan Jakarta. Prosesnya sendiri, melalui rekomendasi dari suku dinas dan diverifikasi oleh Dinas Kesehatan. Akibatnya, pelayanan kesehatan sering terlambat karena prosesnya yang cenderung berbelit.

Karena, umumnya warga yang ingin mendapatkan layanan Gakin di rumah sakit, wajib mendapatkan rujukan dari puskesmas, dan proses pencairan dana bisa mencapai selama satu bulan. Dengan pembentukan lembaga tersebut, diharapkan prosesnya bisa lebih cepat.

“Jika lembaga ini dibentuk, maka seluruh kegiatan pengelolaan berpusat di satu lembaga, karenanya diharapkan prosesnya bisa lebih cepat,” kata Igo.

Saat ini, dana Gakin yang dialokasikan dalam APBD DKI 2010 sebesar Rp 413 miliar. Sedangkan tahun lalu sebesar Rp 550 miliar.

Igo menyebutkan kemungkinan besar dana Gakin tahun ini juga akan bertambah dan diusulkan dalam anggaran perubahan. (umi)

Sudah Video Call, Penyerang Label Eropa Bakal Perkuat Timnas Indonesia?
Athletic Bilbao rayakan gelar Copa del Rey dengan perahu

Agak Laen! Athletic Bilbao Rayakan Juara Copa del Rey dengan Naik Perahu

 Cara agak laen dilakukan Athletic Bilbao dalam merayakan gelar Copa del Rey 2023/24 bersama fans. Mereka justru merayakan juara dengan menggunakan perahu.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024