Pintu Busway Lokasi Rawan Pelecehan Seks

Bus TransJakarta tengah mengambil penumpang
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadi

VIVAnews - Pelecehan seks di bus Transjakarta paling sering terjadi di dekat pintu bus. Sebab penumpukan penumpang paling banyak di lokasi ini.

Penumpang Transjakarta diharapkan tidak menumpuk di pintu bus. Karena selama ini para penumpang lebih senang berada di dekat pintu bus.


Kepala Pengendalian Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta, Gunarjo, sikap penumpang yang tidak sering menumpuk di pintu bus ini membuat petugas kerepotan. Sebaiknya para penumpang mematuhi imbauan petugas agar jangan berdesak-desakan di pintu bus

“Kalau merasa mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan, sebaiknya pindah ke sisi lain. Kalau perlu, lapor ke petugas untuk kemudian dapat kami tindaklanjuti,” katanya.

Gunarjo mengatakan, pihak Transjakarta sudah berupaya untuk mengatasi aksi pelecehan seks ini. Namun mereka tetap saja menemui kendala.

"Bagaimana kami tahu secara detail perilaku dan kepribadian tiap penumpang,” kata Gunarjo kepada VIVAnews.

Tetapi, kata Gunarjo, BLU tidak akan putus asa menyadarkan penumpang agar waspada terhadap pelecehan seksual yang bisa terjadi sewaktu-waktu.


Seperti diberitakan sebelumnya, kasus pelecehan seksual kembali menimpa dua perempuan, masing-masing berinisial DW (22 tahun) serta NN (23 tahun), pada Senin, 2 Agustus 2010. Mereka adalah mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta dan Universitas Trisakti.

Pelakunya adalah DA, seorang PNS di Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Pelecehan dilakukan saat bus Transjakarta melaju dari  Cempaka Putih menuju Harmoni.

Sebelumnya, pelecehan seksual juga menimpa mahasiswi, TS, 19 tahun, Selasa 13 Juli 2010 pukul 09.30 WIB. Pelakunya Noor Adhim, 39 tahun, warga Kudus, Jawa Tengah.

Kasus terjadi ketika TS menumpang Transjakarta jurusan Pulogadung-Harmoni yang sedang padat penumpang.

Kasus perbuatan tidak senonoh juga menimpa DN, 33 tahun, Senin 5 Juli 2010 pukul 21.44 WIB. Pelakunya Pitoyo, 59 tahun, warga Perumahan Griya Bukit Jaya Blok F, Gunung Putri, Bogor.

Kasus itu terjadi ketika DN menumpang bus Transjakarta koridor 1 jurusan Kota – Blok M.

Kasus serupa juga terjadi pada Sabtu 5 Juni 2010. Saat itu, korban bernama Foni, 31 tahun, dilecehkan Anton Susanto, 32 tahun, pada waktu hendak naik bus Transjakarta.

NasDem Sebut Surya Paloh Restui Jika Anies Ingin Maju di Pilkada DKI 2024
Ilustrasi kasus demam berdarah dengue (DBD)

Health Ministry Warns Dengue Fever to Bali Tourists

The Health Ministry has issued an early warning asking local and foreign tourists to remain alert against dengue hemorrhagic fever (DHF), which is on the rise in Bali.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024