Pemerintah DKI Segera Gelar Operasi Pasar

Razia Makanan Jelang Ramadhan
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Pekan depan Pemprov DKI akan menggelar Operasi Pasar serentak di lima wilayah. Tidak hanya pasar tradisional, pihaknya juga akan mengelar operasi di pasar modern.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Prijanto, mengatakan operasi pasar dilakukan sebagai antisipasi kenaikan harga jelang lebaran. Terutama terkait penyediaan stok pangan.

Kata Pelatih Australia Usai Dikalahkan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia

Selain itu operasi ini juga efektif untuk mempersempit ruang gerak peredaran makanan tidak layak makan, seperti daging gelonggongan dan makanan yang kadaluarsa.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP), Reynalda Madjid mengatakan operasi pasar tersebut dilakukan Senin pekan depan.

"Kita akan lakukan operasi pasar di lima wilayah secara menyeluruh, dan targetnya tidak hanya pasar tradisional namun juga pasar modern," ujarnya Selasa 17 Agustus 2010.

Ia menuturkan, selain mengawasi stabilitas harga-harga kebutuhan pokok, operasi tersebut juga akan mengawasi peredaran barang-barang kadaluarsa.

Ingat Lagi, Pajak Progresif dan Bea Balik Nama Kendaraan Kedua Bakal Dihapus

“Saat ini kita tengah berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Badan Pemerikan Obat dan Makanan (BPOM) dan polisi untuk melangsungsungkan kegiatan ini,” tegasnya. Namun kenyataan di lapangan harga kebutuhan terus saja meroket hingga hari ini

Sebelumnya Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Boy Rafli Amar mengatakan, razia tersebut akan mulai dilaksanakan pada pertengahan ramadan. Hal tersebut dikarenakan, pada pertengahan ramadan biasanya stok barang mulai dilepas dipasaran. "Kita akan atur jadwalnya, karena kalau mendekati hari raya biasanya memang banyak barang stok yang kembali dijual," katanya.

Dia melanjutkan, dalam melakukan razia tim yang diturunkan adalah dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya. Selain itu, pihaknya juga akan menggandeng BPOM guna melihat dan menyaksikan langsung jalannya razia. Sasarannya sendiri adalah beberapa pasar swalayan, pasar tradisional dan toko-toko yang menjual bahan makanan kemasan.

"Targetnya semua toko yang menjual makanan kemasan," tegasnya. (sj)

Indonesian Government to Provide Incentive for Apple Investment
Legenda Sepak Bola Brasil Romario

Legenda Sepakbola Brasil Romario Umumkan Comeback di Usia 58 Tahun

Pada usia 58 tahun, legenda sepak bola Brasil Romario telah mencatat riwayat hidup yang mengesankan. Kabarnya, ia comeback bergabung dengan Amerika sebagai pemain.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024