Kasus HKBP, 900 Petugas Amankan Bekasi

Simulasi Pengamanan Pemilu
Sumber :
  • Antara/Ismar Patrizki

VIVAnews – Hari ini, sebanyak 900 petugas keamanan dikerahkan untuk mengamankan tiga lokasi di Kota Bekasi. Pengerahan pasukan ini masih terkait dengan masalah tempat ibadah dan penganiayaan terhadap Pendeta Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Bekasi.

“Kami siagakan petugas di lapangan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan, seperti kekerasan,” kata Kepala Polisi Resor Kota Bekasi, Komisaris Besar, Imam Sugianto, Minggu, 19 September 2010.

Imam menjelaskan ketiga lokasi yang saat ini mendapat pengamanan petugas, yakni di bekas gedung Organisasi Pemuda Pancasila di Jalan Chairil Anwar yang hari ini dijadikan tempat pertemuan jemaat HKBP; rumah di Jalan Puyuh Raya Nomor 14, Perumahan Pondok Timur Indah, Mustika Jaya, yang kini telah disegel; dan lahan kosong di Kampung Ciketing Asem yang telah dilarang untuk dijadikan tempat kebaktian.

PAN Persilakan PPP Gabung Koalisi Prabowo-Gibran: Jangan Bikin Syarat Rumit

Meski dilarang beribadah di lahan kosong Kampung Ciketing Asem, RT 3/3, Mustika Jaya, Bekasi, hari ini, rencananya Jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) tetap nekad melaksanakan ibadah di lahan tersebut.

"Kami tetap akan beribadah di Ciketing," ujar Saor Siagian, Kuasa Hukum HKBP saat dihubungi VIVAnews di Jakarta, Minggu 19 September 2010.

Ia mengakui, para jemaat menolak tawaran pemerintah setempat yang menyediakan tempat sementara untuk dimanfaatkan sebagai tempat kebaktian. "Lebih nyaman di tempat sendiri daripada numpang-numpang," ujar Saor.

Mengantisipasi terulangnya insiden susulan, Saor mengungkapkan pihaknya telah memberitahukan kepada aparat kepolisian jauh hari tentang rencana pelaksanaan kebaktian di Ciketing hari ini oleh jemaat HKBP.

Seperti diberitakan sebelumnya, Majelis HKBP Pondok Timur Indah, Hasian Lumbantoruan Sihombing, ditusuk orang tak dikenal saat berjalan menuju gereja, Minggu 12 September pukul 08.50 WIB. Ia ditusuk di perut.  Kemudian, Pendeta Luspida Simanjuntak juga mengalami penganiayaan, ia dipukul di kepala. (hs)

Suzuki Jimny 3 Pintu di Indonesia Bermasalah Pompa Bahan Bakar, Apa Efeknya Jika Tak Diganti?
Bek PSS Sleman Kevin Gomes de Oliviera

Cerita Kevin Gomes Cetak Gol Perdana Untuk PSS Sleman

 Laga PSS Sleman vs Arema FC yang digelar di Stadion Manahan Solo, Senin 15 April 2024 menjadi pertandingan yang akan dikenang oleh Kevin Gomes de Oliveira.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024