Teroris Kabur, Polisi Mengaku Dikelabui

Komisaris Besar Boy Rafli Amar
Sumber :
  • Sandy Mahaputra/VIVAnews

VIVAnews - Seorang terpidana kasus tindak pidana terorisme, Roki Aprisdianto, 29 tahun, sukses melarikan diri dari Rutan Polda Metro Jaya kemarin sekitar pukul 13.00 WIB. Dia kabur setelah menggunakan cadar dan berbaur dengan puluhan penjenguk yang berpakaian serupa.

"Dengan menggunakan cadar, yang bersangkutan dapat mengelabui petugas," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar di Jakarta, Rabu 7 November 2012.

Boy mengungkapkan Roki adalah terpidana yang sudah divonis enam tahun oleh pengadilan. Roki adalah anggota jaringan teroris Klaten yang ditangkap pada akhir 2010 dan divonis 2011 lalu.

"Dia titipan JPU. Dia menunggu,  sama seperti yang lain. Ada yang menunggu untuk dikirim ke Nusa Kambangan. Mereka digabungkan kelompok tersangka teror," ujarnya.

Boy menjelaskan saat itu, sejumlah orang menjenguk Roki di ruang tahanan yang terletak di lantai empat Rutan Polda Metro Jaya. Tak adanya batasan berapa jumlah pengunjung yang boleh menjenguk menyebabkan mereka yang berjumlah lebih dari sepuluh orang diizinkan masuk.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Inspektur Jenderal Suhardi Alius, mengatakan saat itu terdapat 23 orang penjenguk yang semuanya mengenakan cadar hitam. Mereka menjenguk tahanan berbeda-beda. Saat masuk ke rutan, mereka juga menyerahkan identitas, dan menulis di buku daftar pengunjung. Belum diketahui, pada momen apa Rocki bisa bersalin pakaian, dan memakai jubah serta cadar, sebelum dia kabur.

"Kami tengah melakukan pemeriksaan terhadap mereka-mereka yang ada di sana kemarin. CCTV juga tengah diselidiki," ucap Boy.

Pidato Lengkap Prabowo Subianto Usai Ditetapkan sebagai Presiden Terpilih
Duel Pedro Acosta dan Marc Marquez

Seperti Rossi, Marc Marquez Sadar Jika Pedro Acosta Berpeluang Juara Dunia

Rookie MotoGP, Pedro Acosta menjadi salah satu pembalap yang mencolok dan berhasil mengalahkan Marc Marquez di beberapa seri awal musim ini. Marquez akui Acosta hebat.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024