Harta Calon Walikota Bekasi Ini Minus Rp235 Juta

Sumiyati Mochtar Mohammad daftar jadi calon Walikota Bekasi
Sumber :
  • VIVAnews/ Erik Hamzah

VIVAnews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi, Jawa Barat, mengumumkan harta kekayaan para calon walikota dan wakil walikota Bekasi, yang akan bertarung pada 16 Desember mendatang. Pengumuman harta kekayaan tersebut berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“LHKPN dikeluarkan oleh KPK pada hari Selasa kemarin (27 November 2012), dan baru kami ambil pagi tadi,” ujar Ketua KPU Kota Bekasi Tubagus Hendy Irawan, Rabu 28 November 2012.

Berdasarkan LHKPN tersebut, diharapkan masyarakat bisa menimbang figur calon pemimpin yang akan mereka pilih untuk menjalankan roda pemerintahan di Kota Bekasi lima tahun mendatang. “Laporan harta kekayaan para calon walikota/wakil walikota Bekasi juga merupakan salah satu syarat untuk maju di Pilkada,” kata Hendy.

“Harta yang dilaporkan kemudian diperiksa oleh Direktur Pendaftaran dan Pemeriksaan LHKPN di KPK. Pemeriksaan harta kekayaan itu merupakan bagian dari tugas KPK untuk memantau pejabat penyelenggara negara,” katanya.

Sumiyati termiskin

Dalam LHKPN terungkap, calon walikota Bekasi yang diusung Partai Demokrat, Awing Asmawi, merupakan kandidat yang memiliki kekayaan fantastis. Calon dengan nomor urut 5 itu memiliki harta kekayaan senilai Rp60.552.531.248. Rincian harta anggota DPRD Provinsi Jawa Barat tersebut adalah harta tak bergerak berupa tanah dan bangunan Rp52 miliar, harta bergerak berupa alat transportasi Rp1 miliar lebih, giro dan setara kas lainnya Rp6,8 miliar, piutang Rp2 miliar, dan utang Rp1 miliar lebih. Pasangan Awing, Ketua DPRD Kota Bekasi yang menjadi calon wakil walikota Bekasi Andi Zabidi memiliki kekayaan total senilai Rp3,37 miliar

Berbanding terbalik dengan Awing, calon walikota Bekasi bernomor urut 2 yang diusung PDI Perjuangan, PDS dan PBB, Sumiyati, memiliki kekayaan minus Rp235,8 juta. Rincian harta kekayaan istri mantan Walikota Bekasi Mochtar Mohamad tersebut di antaranya adalah harta tak bergerak berupa tanah dan bangunan Rp1,17 miliar, giro dan setara kas lainnya Rp75 juta. Yang membuat harta kekayaannya minus adalah karena dia punya hutang berupa pinjaman mencapai Rp1,48 miliar. Suami Sumiyati, Anim Imamuddin, melapor memiliki kekayaan Rp949,48 juta.

Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior

Calon walikota incumbent yang diusung oleh Golkar, PKS, Hanura dan PKB, Rahmat Effendi, harta kekayaannya sebesar Rp3,68 miliar. Harta Pepen (sapaan Rahmat Effendi), didominasi oleh harta tak bergerak berupa tanah dan bangunan yang mencapai Rp2,42 miliar. Harta kekayaan calon nomor urut 4 tersebut di tahun 2012 ini turun dibandingkan tahun 2010 ketika dia masih menjabat Wakil Walikota Bekasi. Ketika itu total kekayaan Pepen Rp4,06 miliar.

Pasangan Pepen, Akhmad Syaikhu, melapor memiliki kekayaan sebesar Rp620,3 juta. Harta Syaikhu yang kini duduk sebagai wakil rakyat di DPRD Provinsi Jawa Barat naik dibandingkan tahun 2007 yang hanya mencapai Rp564,12 juta. Di Pilkada Kota Bekasi 2008, Syaikhu yang merupakan politisi PKS, sempat maju menjadi calon walikota.

Sedangkan calon lainnya, seperti pasangan nomor urut 1 calon walikota Bekasi dari jalur independen, Salih Mangara Sitompul, total harta kekayaannya mencapai Rp1,17 miliar. Sedangkan pasangannya, Anwar Anshori Mahdum Rp262,95 juta.

Pasangan nomor urut 3 yang diusung Gerindra, PAN dan PPP, Dadang Mulyadi, memiliki kekayaan Rp2,3 miliar. Sama seperti Pepen, birokrat yang kini menjabat sebagai Sekertaris Daerah Kabupaten Bekasi tersebut, harta kekayaannya juga didominasi harta tak bergerak berupa tanah dan bangunan yang mencapai Rp1,69 miliar. Di tahun 2010 harta kekayaan Dadang Rp2,06 miliar. Pasangannya, artis sinetron Lukman Hakim, Rp1,05 miliar. (kd)

Ilustrasi emas batangan

Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram

Harga emas keluaran logam mulia Antam 24 karat mengalami kenaikan Rp 27 ribu per gram pada hari ini yang artinya harganya sekarang Rp 1.249.000 per gram.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024