Menkes: Bayi Dera Tidak Ditolak Rumah Sakit

Menkes Nafsiah Mboi Raker dengan Komisi IX DPR
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin
VIVAnews - Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi membantah kabar bahwa sejumlah rumah sakit menolak menangani bayi Dera Nur Anggraini. Dia meninggal dunia enam hari setelah dilahirkan.
Mobil Angkot Andalan Masyarakat Ini Segera Berusia Emas

Dera lahir bersama kembarannya melalui proses operasi caesar di RS Zahira, Jagakarsa, Jakarta Selatan.
Shopee Berani Garansi Paket Sampai Tepat Waktu, Simak Kompensasi dan Cara Klaimnya

"Tidak (ditolak). Jadi, pertama, anak ini memang prematur, beratnya hanya satu kilogram. Kalau anak seberat itu, memang survivalnya kecil skali. Dia juga punya kelainan di pernapasan, sehingga membutuhkan bantuan alat pernapasan," kata dia di Istana Negara, Senin 18 Februari 2013. 
Dilarikan ke Rumah Sakit, Parto Patrio Jalani Operasi

Nafsiah juga mengatakan bahwa bayi tersebut tidak dibawa ke sana kemari ketika mencari rumah sakit. Namun, pihak keluarganya mencari tempat. "Memang, waktu mencari tempat full. Di RSCM ada 10 tempat untuk ICCU bayi, tapi ICCU Neonatal full semua. Begitu juga RS Anak dan Bunda, RS Pertamina dan lainnya, semuanya full," ujarnya. 

"Jadi, bukan karena ditolak di mana-mana tapi karena kondisinya buruk. Anak normal kan tiga kilogram, ini cuma satu kilogram. Paru-parunya belum berkembang. Tapi memang harus diakui bahwa ICCU neonatal terlalu sedikit," tambahnya. 

Untuk itu, menurutnya, pihaknya saat ini sedang membahas bagaimanana memperbanyak dan memberdayakan interkonektivitas rumah sakit pemerintah dan swasta supaya bisa langsung dilihat ada tempat kosong atau tidak. 

"Jadi, supaya mempercepat ya dalam bentuk online. Selama ini belum (ada). Maret, Insya Allah diluncurkan antarrumah sakit yang mempunyai ICCU Neonatal. Jadi, kalau ada pasien yang membutuhkan bisa dicek," tutur Nafsiah. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya