Dua Tahun Irfan Membuat KTP Palsu

ilustrasi KTP
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Noveradika
VIVA.co.id
Meski Kecil, Ornamen Mobil Ini Jadi Incaran Maling
- Lalu Irfan, 35 tahun, diringkus Polsek Metro Cilincing Jakarta Utara. Pria asal Nusa Tenggara Barat ini disangka menjadi pelaku pemalsuan Kartu Tanda Penduduk.

Ingin Kencan di Lokalisasi, Pemuda Ini Nekat Mencuri

Dengan bermodal satu set komputer, puluhan stempel dari beberapa kelurahan dan blangko pengisian data KTP, Irfan diduga sudah membuat ratusan KTP palsu selama dua tahun ia berprofesi.

“Kami masih lakukan pengembangan kasus ini. Dari keterangan sementara, tersangka mengaku sudah dua tahun melakukan aksi pemalsuan tersebut. Kami sendiri banyak mendapat laporan terkait KTP palsu,” ujar Kapolsek Metro Cilincing, Kompol Edi Purnawan, Jumat 27 Maret 2015.

Di tangan Irfan, polisi berhasil menyita 13 KTP palsu, tiga blangko KTP kosong, satu KTP asli, satu set komputer dan 90 buah stempel palsu dari beberapa kelurahan dan catatan sipil luar kota dan Kelurahan Semper Barat, Cilincing.

“KTP asli digandakan jadi banyak, fotonya sama tapi identitas dan alamat di KTP tersebut dipalsukan. KTP palsu itu digunakan kemungkinan untuk kejahatan,” ujar Edi.

Disinyalir, pengguna jasa Irfan adalah orang-orang yang hendak mengaburkan identitas mereka saat membuka rekening bank, dan juga mengambil kendaraan dari leasing.

Dalam sebulan tersangka mendapat orderan sekitar lima KTP yang akan di palsukan. Untuk satu KTP palsu, tersangka mengantongi uang Rp100 ribu hingga Rp200 ribu per KTP.

“Tidak hanya KTP yang dipalsukan, tapi juga kami temukan kertas untuk pembuatan STNK dan ini masih kami dalami,” ujar Edi.

![vivamore="
Hulk Si Maling Motor Ternyata 'Polisi Abal-abal'
Baca Juga :"]





[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya