Ahok 'Omeli' Anak yang Minta Salaman

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menegur seorang ibu yang rela menyuruh anaknya tidak masuk sekolah, demi bertemu Ahok yang meresmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Kelurahan Cililitan, Kamis, 22 Oktober 2015.

Pantauan VIVA.co.id, dengan mengenakan kemeja batik lengan panjang berwarna cerah, Ahok tiba di RPTRA yang terletak di Kotamadya Jakarta Timur itu pada pukul 08.10.

Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan

Ratusan anak berjejer di sepanjang gang dari Jalan Buluh hingga ke lokasi RPTRA. Ratusan anak itu menyambut kedatangan Ahok yang didampingi istri, Veronica Tan, bersama istri Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat, Happy Farida. Keduanya merupakan ketua Tim Penggerak Ormas PKK DKI.

Baca juga:

Massa Demo dari Bekasi dan Tangerang Mulai Berdatangan

Selain anak-anak yang berjejer rapi, di belakang mereka tampak juga ibu-ibu yang membawa anaknya. Salah seorang ibu menyodorkan tangannya saat Ahok melintas di depan mereka.

"Pak salaman, Pak. Ini (anak) sengaja libur buat ketemu Bapak," ujar ibu itu.

Ahok menyambut ajakan bersalaman dari anak itu. Namun, dia juga menegur sang ibu. Seharusnya, ia tidak sampai sengaja membuat anaknya tidak bersekolah hanya demi bertemu dirinya.

"Lho, kok bolos? Sekolah dong, yang rajin," ujar Ahok.

Ibu itu mengiyakan teguran Ahok. Namun, ia tetap terlihat senang karena anaknya bersalaman dengan Ahok. Ia pun mengabadikan kedatangan Ahok ke lingkungannya dengan menggunakan kamera telepon pintarnya.

Ahok hari ini meresmikan RPTRA keenam yang dibangun Pemerintah Provinsi DKI pada 2015. RPTRA itu didirikan di atas bekas lahan area parkir mobil dan lapangan tempat bermain anak.

Sebanyak tiga perusahaan swasta dan satu BUMD, PT Pembangunan Jaya, menyumbangkan dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) untuk membangun RPTRA.

RPTRA yang dibangun di atas lahan 3.600 meter per segi ini memiliki beragam fasilitas, antara lain ruang konseling KB, ruang laktasi, lapangan futsal, teater mini, taman, jalur berlari, kolam-kolam ikan, dan perpustakaan.

Kondisi RPTRA saat ini rindang dengan rumput, tanaman-tanaman, dan pepohonan yang tampak baru ditanam. Cat bangunan juga terlihat cerah. Beberapa anak, terlihat tengah bermain futsal saat Ahok datang.

Turut mendampingi Ahok dalam peresmian RPTRA, anggota Komisi E DPRD DKI dari fraksi PDIP Pantas Nainggolan, Kepala Kepolisian Resor Jakarta Timur Komisaris Besar Polisi Umar Faroq, Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Dien Emmawati, serta artis Titiek Puspa.

Pembangunan RPTRA merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Provinsi DKI di tahun 2015. Pembangunan taman terpadu yang ditargetkan bisa didirikan di setiap wilayah kelurahan di Jakarta itu dilakukan untuk menyediakan tempat berkumpul bagi warga. Selain itu, keberadaan taman terpadu juga menyediakan ruang publik terbuka di tengah-tengah pemukiman.

Hingga saat ini, sudah ada enam RPTRA yang terbangun di seluruh Jakarta. RPTRA-RPTRA itu terletak di wilayah Cideng, Cililitan, Pulogadung, Kepulauan Seribu, Gandaria Selatan, dan Kembangan Utara.

Posko logistik demo 4 November

Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo

Ada empat posko yang disiapkan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016