2017 DKI Mulai Dibentengi Tanggul Raksasa

Desain Tanggul Raksasa Jakarta
Sumber :
  • R. Jihad Akbar/VIVAnews

VIVA.co.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperkirakan pada 2017 nanti, DKI bakal memiliki tanggul di bibir panjang yang memiliki panjang sekitar 9,5 kilometer.

Kepala Dinas Tata Air Provinsi DKI Jakarta, Tri Djoko, mengatakan, tanggul bibir pantai itu dibangun sesuai rencana pembanguan tanggul raksasa alias Giant Sea Wall tahap A sepanjang 94 kilometer yang akan dilakukan National Capital Integrated Coastal Development (NCICD).

Dari proyek itu, nantinya Pemprov DKI bertanggungjawab atas 9,5 kilometer pembangunan tanggul. "Tanggul A itu nantinya 94 kilometer, DKI dapat 9,5 kilometer," kata Tri Djoko kepada VIVA.co.id, Senin 2 November 2015.

Menurut Tri, tahun 2016 nanti, diperkirakan tanggul bisa dibangun dalam rangkaian proyek itu sepanjang 3 kilometer. Anggaran yang dikucurkan untuk membangun tanggul sepanjang 3 kilometer itu mencapai Rp400 miliar.

Jakarta Belajar Tata Kelola Air dari Rotterdam

"Spotnya nanti di Muara Batang, dekat Pasar Ikan. Selanjutnya sisanya akan dilakukan di tahun 2017. Untuk DED (Spesifikasi teknisnya) sendiri berada di BBWS.CC (Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane)," katanya.

Selain itu, terkait persiapan musim hujan yang diperkirakan bakal terjadi di akhir tahun 2015 nanti, Tri mengatakan, akan ada petugas khusus pembersih gorong-gorong.

"Kita nanti ada pasukan bersihin gorong-gorong pas musim hujan. Ketika siaga banjir sudin akan siapkan orang-orang standby, anggarannya nanti di sudin (suku dinas)," kata Tri.

Ahok: Butuh Puluhan Tahun Bangun Tanggul Laut Raksasa
Ilustrasi: Peta Laut Jawa utara Jakarta.

Ahok Klaim Tanggul Raksasa Nanti Selamatkan 10 Ribu Nyawa

Cara apakah itu?

img_title
VIVA.co.id
24 Maret 2016