Diduga Ikan Mati di Ancol Akibat Keracunan Lumpur Sungai

Ribuan ikan mati misterius di Pantai Ancol, Jakarta Utara
Sumber :
  • Danar Dono

VIVA.co.id - Ribuan ekor ikan ditemukan mati dan terdampar di Pantai Ancol, Jakarta Utara. Kepala Bidang Perikanan Dinas Kelautan, Peternakan dan Ketahanan Pangan (KPKP) DKI Jakarta, Lilik Litasari mengatakan, dari pengecekan lapangan, diduga kematian ikan terjadi akibat sendimen lumpur dari kali di Jakarta yang terbawa ke laut.

"Seiring penghujan, lumpur dari sungai yang selama ini mengendap terangkat dan mengalir hingga ke laut. Endapan lumpur yang mengandung CO2 dan zat lainnya-lah yang diduga menyebabkan ikan keracunan hingga mati," ujar Lilik saat dihubungi, Selasa 1 Desember 2015.

Sementara, Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Jakarta telah melakukan pengambilan sample di 3 lokasi perairan di Teluk Jakarta.  Ke-3 lokasi perairan tersebut adalah perairan Cilincing, Ancol dan Muara Angke.

Nantinya sampel seperti air laut, sendimen lumpur dari muara kali dan ikan yang mati akan dibawa ke labotarium untuk dilakukan uji lab.

"Kita belum bisa pastikan apa penyebabnya. Sampel yang kita ambil perlu diuji dahulu dan hasilnya baru bisa sepekan lagi diketahui" ujarnya.

Ahok: Ikan yang Mati di Ancol Bisa Dimakan

Ikan mati

Puluhan Ribu Ekor Ikan Keramba Barito Mati Mendadak

Ikan-ikan itu ditemukan dalam kondisi membiru.

img_title
VIVA.co.id
12 Januari 2016