Balap Liar di Jakarta akan Dilokalisir, Ini Harapan Polisi

Berkendara sepeda motor
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu

VIVA.co.id - Pihak kepolisian, Pemda DKI Jakarta dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) mewacanakan akan membentuk wadah balapan resmi di Jakarta. Pembentukan wadah balap ini bertujuan untuk menyalurkan bakat dan hobi para remaja yang selama ini menekuni balapan liar di jalanan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Risyapudin Nursin, mengatakan, pembentukan wadah balap ini merupakan langkah positif.

"Mari kita sambut hal ini secara positif, karena kita juga punya rasa tanggungjawab terhadap putra-putri kita untuk menyalurkan minat dan bakatnya, mudah-mudahan adik kita bisa membawa nama baik Indonesia di event olahraga internasional otomotif," ujar Risyapudin.

Nantinya, wadah ini akan berbentuk seperti event yang bisa mencetak atlet-atlet berprestasi. "Dari sana kita akan coba tarik atlet berprestasi yangg akan kita tarik ke event lebih tinggi. Tapi itu nanti, itu bonusnya. Tujuan utamanya adalah menyelamatkan manusia tadi dari kecelakaan berisiko tinggi," kata Risyapudin.

Menurutnya, pengemasan pewadahan balap liar yang dibuat seperti event akan jauh lebih menarik. Karena nantinya akan ada sponsor yang membiayai.

Anggota DPRD DKI: Pelegalan Balap Liar Tak Tepat

Mengenai lokasi di mana balapan itu dilakukan, pihaknya akan bekerja sama dengan Kota Madya agar bergantian menggelar balap liar tersebut.

"Pihak IMI dan Jasamarga akan memberi perlindungan dari fisik jalan itu sendiri. Kalau kita dari kepolisian tentu akan kasih tekanan pengalihan arus dan sebagainya, sehingga memang dalam waktu tertentu memberi wadah untuk pemuda pemudi sehingga nanti tidak ada lagi balapan liar yang tidak tersalurkan," kata Risyapudin. (ren)

Balapan liar di Malaysia.

Malaysia Legalkan Balapan Jalanan

Pemerintah Malaysia akan tutup jalan ibu kota satu minggu sekali.

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2016