Ribuan Orang Datang ke Planetarium Lihat Gerhana Matahari

Planetarium Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon

VIVA.co.id - Pengelola Planetarium di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, menegaskan persiapan nonton bareng (nobar) gerhana matahari total (GMT) Rabu, 9 Maret 2016, sudah rampung seratus persen.

"Sudah semuanya, tinggal laksanakan saja besok (hari ini), tadi juga sudah gladi resik," kata Cecep Nurwendaya, selaku narasumber astronomi Planetarium dan Observatorium Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta di Planetarium TIM, kepada VIVA.co.id, Selasa 8 Maret 2016.

Namun demikian, mereka tak bisa memprediksikan berapa banyak orang yang akan datang besok guna melihat fenomena alam yang terjadinya 350 tahun sekali ini.

"Kita tidak bisa prediksi yah (jumlah warga yang datang). TIM kan luas yah, tapi ribuan bisalah," katanya.

Cecep menegaskan kalau ia juga sudah berkoordinasi dengan pihak berwajib guna menjaga jalannya aksi nonton bersama yang dipastikan akan mengundang banyak warga datang.

"GMT kali ini hanya lewati daratan Indonesia saja, makanya Indonesia jadi pusat perhatian dunia. Lalu, GMT ini pertama terjadi di era milenium, karena sebelumnya 1995 yang terakhir dan itu hanya di sekitar laut saja. Maka masyarakat pasti antusias," katanya.

Selain mengajak masyarakat untuk nonton bersama, Cecep menambahkan kalau pihaknya juga menyediakan berbagai fasilitas, seperti mushola untuk warga yang akan melaksanakan salat gerhana.

"Bagi yang akan melaksanakan salat gerhana, disediakan mushola di samping pintu masuk Planetarium," katanya.

Kapan Gerhana Matahari Total Terjadi Lagi di lndonesia?
Donny Alamsyah dan akting

Gerhana Matahari, Ini Tanggapan Donny Alamsyah

"Gua sih biasa aja ah."

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2016