KCIC: Tak Ada Perintah Pengeboran di Lanud Halim

Lokasi pengeboran oleh warga China di wilayah Lanud Halim Perdanakusuma
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA.co.id – Coorporate Communications PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Febrianto Arif Wibowo mengemukakan, pihaknya tidak memerintahkan kegiatan apapun di wilayah Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma Jakarta terkait proses pembangunan kereta cepat Jakarta Bandung.

Kereta Cepat Akan Terhubung dengan LRT Jabodebek dan Transjakarta

KCIC juga tidak menandatangani kontrak dengan PT Geo Central Mining (GCM) guna melakukan survei dan pengeboran untuk mengambil sampel tanah di wilayah Lanud Halim Perdanakusuma. 

"Untuk pekerjaan soil investigation di wilayah Halim, PT KCIC melakukan komitmen kontrak dengan PT Hebei, dan tidak memerintahkan PT Hebei untuk melakukan kegiatan apapun di wilayah Halim," kata Febrianto saat dihubungi VIVA.co.id, Kamis sore, 28 April 2016.

Mundur Lagi, Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi Juni 2023

KCIC, menurut Febrianto, telah bekerja sama dengan The Third Railway Survey and Design Institute Group Corporation (TSDI), yang akan mengontrol seluruh kegiatan terkait dengan penyiapan design engineering kereta cepat Jakarta Bandung. 

"Karena itu kami merasa perlu mengklarifikasi bahwa kami tidak pernah memerintahkan kegiatan apapun di wilayah Lanud Halim Perdana Kusuma," ujar Febrianto. 

Pengakuan Mantan Cleaning Service Bantu Curi Besi Kereta Cepat

Seperti diketahui, aparat Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma mengamankan tujuh pekerja yang tengah mengerjakan proyek kereta cepat. Lima orang di antaranya merupakan WNA asal Tiongkok. Mereka diduga melakukan pengeboran ilegal di daerah yang termasuk wilayah Lanud Halim Perdanakusuma. (ase)

'Tukang Las' rel kereta cepat Jakarta Bandung adalah mesin bernama UN-200.

Mengenal 'Tukang Las Asing' Kereta Cepat yang Sempat Bikin Heboh

Tukang las rel Kereta Cepat Jakarta Bandung masih dikerjakan oleh Tenaga Kerja Asing asal China karena perlu sertifikasi khusus.

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2022