Pemulung Temukan Mortir di Saluran Air

Tim Gegana Polda Metro Jaya mengevakuasi sebuah mortir yang ditemukan warga di Kelurahan Rawa Terate, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, pada Senin sore, 16 Mei 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anwar Sadath

VIVA.co.id - Warga Cakung digemparkan penemuan alat peledak di dalam parit di Jalan Rawa Kepiting, Kelurahan Rawa Terate, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, pada Senin sore, 16 Mei 2016. 

Amunisi Kadaluarsa Meledak di Ciangsana Berusia 10 Tahun, Harusnya Sudah Dimusnahkan

Kepala Polsek Cakung, Komisaris Polisi Armunanto Hutahaean, mengatakan bahwa benda berbahaya itu ditemukan dua orang pemulung yang sedang mencari besi bekas.

Pemulung itu awalnya tak mengira sesuatu yang dilihatnya adalah bahan peledak. Dia kemudian melapor kepada polisi setelah meyakini benda yang dilihatnya adalah mortir.

Kapolda Metro Jaya: Kalau Ada Bahan Peledak Jangan Diutak-atik, Segera Lapor!

Setelah mendapatkan laporan itu, polisi mendatangi lokasi temuan. Ketika dicek, terdapat sebuah mortir berukuran 24x7 centimeter, satu proyektil besar berukuran 50x8 centimeter, dan satu proyektil kecil ukuran 22x8 centimeter. 

"Kami langsung melaporkan ke tim Gegana Polda Metro Jaya, dan sekitar sembilan orang tim Gegana langsung datang ke lokasi," ujar Armunanto.

Ledakan di Markas Brimob Polda Jatim, Irjen Imam Ungkap Penyebabnya

Untuk kepentingan pemeriksaan, benda itu dievakuasi ke Markas Gegana Polda Metro Jaya. Peledak itu diduga sudah berada di tempat penemuan dalam waktu yang lama. Soalnya saat ditemukan sudah berkarat. Polisi belum memastikan mortir itu masih aktif atau tidak.

Lokasi penemuan peledak atau bom itu kini masih dalam pemeriksaan Kepolisian. Hal itu untuk memastikan masih ada atau tidak bahan peledak lain yang tersimpan di bawah tanah lokasi sekitar. (ase)

Pihak TNI menghimbau warga untuk kembalikan pecahan proyektil yang terpental hingga ke pemukiman warga akibat kejadian ledakan dan kebakaran gudang amunisi milik Kodam Jaya terjadi di perbatasan Bogor dan Bekasi, Sabtu 30 Maret 2024 sore.

Berbagai Amunisi di Gudang Peluru yang Terbakar di Bogor: Kaliber Kecil Maupun Besar

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad), Brigjen Kristomei Sianturi, mengatakangudang amunisi Armed milik TNI yang terbakar, terdiri dari berbagai kaliber

img_title
VIVA.co.id
31 Maret 2024