Seluruh Trotoar di Jakarta akan Dibangun 'Portal S'

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, meresmikan Portal S di depan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo pada Sabtu, 28 Mei 2016.
Sumber :
  • Foe Peace - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun portal ramah bagi penyandang keterbatasan fisik alias disabilitas di seluruh trotoar Ibu Kota. Saat ini portal khusus itu baru terbatas di sejumlah tempat, seperti di trotoar depan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat.

Ombudsman Minta Pekerja Perusahaan Swasta Berani Melapor soal THR Tidak Dibayar Atau Dicicil

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengatakan pembangunan fasilitas berjuluk Portal S itu sudah mulai berjalan. Tahun ini trotoar ramah disabilitas tersebut dibangun di kawasan Monumen Nasional (Monas) hingga ke Bunderan Hotel Indonesia (HI).

"Ini kerja baik dari PU (Pekerjaan Umum) dan Perhubungan. Bisa lihatkan. PNS juga ada yang baik. Kami mulai seperti ini di tempat yang kelebihan jalur. Kami sudah mencanangkan, jalan-jalan yang kelebihan jalur akan dijadikan jalur pedestrian," kata Ahok saat meresmikan pemakaian portal S di depan Rumah Sakit Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, Sabtu, 28 Mei 2016.

Golkar dan Gerindra Sepakat Rekomendasikan Ridwan Kamil untuk Pilkada DKI

Selain ada portal S, pada trotoar yang akan dibangun nanti, juga ditambah adanya ubin pemandu bagi penyandang disabilitas. Selain fasilitas penyandang disabilitas di trotoar, Ahok pun mengemukakan akan membangun pula aktivitas mereka di taman-taman di Jakarta.

"Kami berharap masukan dari bapak ibu. Saya harap industri stainless (besi) juga sudah mulai membuat portal S ini. Nanti kita masukan dalam E katalog," katanya.

Terpopuler: Orang Kaya ke Mall Bawa 20 Mobil Mewah, Gebrakan Baterai Baru BYD

Ahok mengatakan, Pemprov DKI akan memanfaatkan semua jalur berlebih di seluruh ruas jalan untuk dijadikan trotoar agar bisa dipasang portal S.

"Kami harap, trotoar dari Monas sampai Senayan itu sudah lebar, rata-rata 9 setengah meter dan tentu kita akan pasang kotak S," kata dia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya