Operasi Polisi Belum Membuat Patuh Pengendara

Ilustrasi/Razia kendaraan saat operasi patuh jaya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali Wafa

VIVA.co.id – Operasi Patuh Jaya 2016 yang digelar kepolisian sepertinya belum mampu menekan angka kepatuhan pemilik kendaraan bermotor. Tercatat, pada operasi serentak tahun ini jumlah pelanggar mencapai 116.999 orang.

E-Tilang Motor, Pelanggaran Terbanyak Terobos Jalur TransJakarta

Jumlah itu terdiri dari pengendara tertilang sebanyak 107.870 orang dan pengendara yang mendapatkan teguran sebanyak 9.129 orang.

"Kenaikan tilang cukup besar, yakni 7 persen atau 7.484 buah dan kenaikan jumlah teguran sebesar 120 buah atau 1 persen dibandingkan OPJ tahun lalu," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Awi Setyono, Senin 30 Mei 2016.

Budaya Indonesia Ternyata Masih Melekat di Pemotor

Tahun lalu, Operasi Patuh Jaya yang digelar Polda Metro Jaya, mendapati pelanggaran lalu lintas sebanyak 109.395 orang. Dengan angka tilang sebanyak 100.386 orang dan yang mendapatkan sanksi teguran sebanyak 9.009 orang.

Menurut Awi, kenaikan angka ketidakpatuhan pengendara kendaraan bermotor ini disebabkan oleh meningkatnya jumlah kendaraan yang beroperasi di serta tingginya aktivitas warga. "Angkanya mengalami kenaikan, kemungkinan disebabkan karena aktivitas warga dan jumlah kendaraan motor yang meningkat," ujarnya.

Operasi Patuh Jaya Digelar, Ini Tujuh Pelanggaran yang Akan Ditindak

Diza Liane Sahputri/Jakarta

Ilustrasi Operasi Patuh Jaya

Sepekan Razia, 15.472 Pengendara di Jakarta Ditilang

Pelanggaran terbanyak adalah melawan arus.

img_title
VIVA.co.id
30 Juli 2020