Minggu Pertama Bulan Puasa, Hari Bebas Kendaraan Sepi

Suasana di car free day (CFD) di Jl. MH Thamrin Jakarta, beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • Rebecca Reifi Georgina - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Hari Minggu pertama di bulan Ramadan ini tampaknya cukup berbeda jika dibandingkan dengan hari Minggu pada umumnya khususnya di area hari bebas kendaraan atau Car Free Day (CFD). Pasalnya, lokasi CFD yang terletak di sepanjang Jalan Thamrin-Sudirman cukup sepi pengunjung.

Mengintip 14 Tahun Pelaksanaan Car Free Day

"Sepi banget, begini-gini saja soalnya orang lagi semangat puasa. Nanti biasanya minggu kedua atau ketiga baru mulai ramai soalnya minggu keempat orang sudah pada mulai pulang kampung," kata Wahyudi, seorang pedagang kaki lima yang berjualan di pinggir jalan Thamrin, Minggu, 12 Juni 2016.

Pagi ini, warga DKI Jakarta yang datang ke area CFD ini lebih banyak terlihat jalan-jalan berbelanja dari pada berolahraga. Mereka yang berolahraga pun tampak hanya berjalan kaki atau bersepeda santai, dan bukannya berlari.

Kemampuan Anda Menyetir Cuma 3 Jam, Jangan Dipaksa

Angel, seorang pekerja asal Filipina, mengaku lebih senang berolahraga hari ini dibandingkan pada saat CFD hari-hari sebelumnya. "Hari ini sangat sepi tapi justru saya lebih suka karena bisa bebas olahraga. Kalau CFD biasanya sangat ramai jadi saya sulit untuk berlari karena banyak orang dan pedagang," kata Angel.

Perempuan yang baru tinggal di Indonesia selama setahun ini menceritakan bahwa ia sudah empat kali mengikuti CFD dan baru kali inilah ia bisa dengan bebas membugarkan diri.

Ketahuan Nyopet Saat Mudik Lebaran, Pria Ini Diamuk Massa
Goyang dayung ala Jokowi di CFD Pandaan, Jawa Timur

CFD Digelar, Catat Aturannya

Car Free Day atau CFD dibuka lagi di Jakarta muai 21 Juni 2020.

img_title
VIVA.co.id
19 Juni 2020