Aturan Main Konvoi Takbiran di Jakarta

Ilustrasi suasana malam takbir.
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVA.co.id – Lebaran Hari Raya Idul Fitri tinggal hitungan jam. Artinya, malam nanti merupakan malam takbir bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Umumnya saat malam takbiran, masyarakat akan turun ke jalan untuk berkeliling dan berkonvoi. Terkait hal tersebut, Kepolisian telah menyiapkan beberapa strategi pengamanan.

Warga Tumpah Ruah Saksikan Pawai Takbiran di Lombok Barat

"Prinsipnya tidak boleh lintas wilayah, tidak boleh langgar aturan lalu lintas dan pasti dikawal," ujar Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Polisi Daniel Bolly Tifaona saat dihubungi pada Selasa, 5 Juli 2016.

Selain akan melakukan pengawalan, Kepolisian juga melarang keras adanya petasan yang dibawa oleh para peserta konvoi takbiran. Jika terbukti ada yang membawa dan menyalakan benda tersebut, maka konvoi akan segera diberhentikan oleh petugas.

Potret Malam Takbiran Selebritis, Mulai dari Nagita Slavina hingga Ayu Ting Ting

"Kalau ada yang main petasan, diberhentikan dan diamankan langsung, yang melanggar aturan lalu lintas saat konvoi juga akan ditilang," singkatnya.

Aturan main konvoi maupun pawai malam takbiran menjelang Idul Fitri tersebut kata dia, dilakukan agar perayaan bisa berlangsung dengan aman dan nyaman sehingga tidak mengusik kedamaian momen hari raya.

Polisi Larang Konvoi Kendaraan Bermotor di Jakarta pada Malam Takbiran
Kabupaten Purwakarta meningkatkan layanan kebersihan

Ratusan Pendekar Diterjunkan Mulai Malam Takbiran di Purwakarta Atasi Hal Ini

Layanan kebersihan jelang lebaran dan libur panjang di Kabupaten Purwakarta Jawa Barat ditingkatkan mengantisipasi lonjakan sampah.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024