Pemkot Depok Bakal Naikkan Uang Transpor Guru Honorer

Ribuan Guru Honorer Geruduk DPR
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Pemerintah Kota Depok berencana menaikkan uang transpor ribuan guru honorer di kota itu. Rencana kebijakan itu menyusul keresahan para guru honorer yang mengeluh pendapatan kecil.

Mengenal Margonda, Pejuang Depok yang Gugur di Usia Muda

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, M Thamrin, mengaku telah mengajukan kenaikan upah transpor untuk para guru hononer sebasar Rp200 ribu hingga Rp300 ribu per bulan. Dia memperkirakan kebijakan itu disahkan pada tahun 2017.

Thamrin mencatat, sedikitnya ada 1.300 guru honorer di Kota Depok. Mereka mayoritas mengajar di lingkungan sekolah dasar dengan kisaran pendapatan Rp500 ribu sampai Rp700 ribu per bulan.

Ratusan Ribu Ribu PNS Sudah Ikuti Uji Kompetensi dari BKN untuk Siap Pindah ke IKN

Namun dia berkilah ketika ditanya soal tuntutan para guru honorer yang menginginkan ditetapkan sebagai pegawai negeri sipil (PNS). “Itu kewenangan (pemerintah) pusat. Yang jelas kami di sini akan mengupayakan untuk menaikkan (uang) transpor. Mudah-mudahan tahun depan terealisasi,” katanya saat ditemui di Balai Kota Depok pada Rabu, 26 Oktober 2016.

Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna, mengaku telah memerintahkan aparatnya untuk menyelidiki laporan sejumlah guru non-PNS yang depresi karena pendapatannya sedikit. “Ini sedang kita kroscek. Jika ada kendala, tentu akan kita perhatikan,” ujarnya.

Menpan-RB Janji Angkat 2,3 Juta Tenaga Honorer: Tes Hanya Formalitas

Pemerintah Kota Depok, katanya, juga telah mendorong kenaikan anggaran untuk menunjang kinerja para guru honorer. “Mereka juga memiliki jasa besar, mencetak generasi bangsa, dan saya tegaskan, saya sangat memperhatikan nasib para guru, PNS atau bukan,” katanya.

Miris! Gaji Guru Honorer Rp 150 Sebulan, Warganet: Gimana Bisa Hidup

Miris! Gaji Guru Honorer Rp 150 Sebulan, Warganet: Gimana Bisa Hidup

Momen guru honorer, Dina Fatma memperlihatkan penghasilan yang diperolehnya selama sebulan mengajar di salah satu sekolah viral di media sosial sejak Sabtu 30 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024