Demo 4 November, Polisi Antisipasi Massa dari Luar Jakarta

Kepala Bagian Mitra Divisi Hubungan Masyarakat Polri Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Bayu Januar Nugraha

VIVA.co.id – Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya mengantisipasi adanya massa dari luar Jakarta yang ikut terlibat dalam aksi unjuk rasa damai, Jumat, 4 November 2016.

Polisi Usut Dugaan Pelecehan Seksual yang Dilakukan Eks Ketua DPD PSI Jakbar

"Kami lakukan kerja sama dengan Polda-Polda lain karena kan informasi masuk demikian ya," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Senin, 31 Oktober 2016.

Ia menuturkan, pihaknya sudah melakukan dan menyampaikan secara persuasif kepada para tokoh masyarakat agar tidak mengerahkan massa. "Tapi kembali lagi kalau ada massa ke Jakarta ya kami tidak melarang orang karena Indonesia negara demokratis," ujarnya.

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Ternyata Masih Anak-anak, Bos Akan Diperiksa

Namun, ia menambahkan, pihaknya akan menindak tegas siapa pun massa yang membawa senjata tajam dalam aksi tersebut. "Kalau ada yang mencurigakan membawa golok, sajam (senjata tajam) dan lainnya akan dilakukan penyitaan," ujarnya menambahkan.

Ia menyampaikan kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak khawatir akan aksi terkait dugaan penistaan agama yang dilakukan calon gubernur DKI petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Kombes Ade Ary Blak-blakan Soal Kasus Aiman yang Disetop, Alasannya Bukan Politis

"Masyarakat tenang dan tidak usah khawatir. Informasi awal massa akan ke Istana Negara. Nanti dari sisi timur dan barat kalau digunakan nanti peringatan kepada masyarakat akan kami lakukan rekayasa lalu lintas," katanya.

Sebelumnya, Wakil Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Brigadir Jenderal Polisi Suntana mengakui, akan ada massa dari luar Jakarta yang akan ikut aksi demo Bela Islam II, Jumat, 4 November 2016. "Informasi yang kami dapat seperti itu," kata Suntana, usai acara Deklarasi Kampanye Damai dan Berintegritas di Silang Monas Jakarta, Sabtu, 29 Oktober 2016.

Dia mengimbau, agar rencana aksi massa pada 4 November nanti, tidak sampai ricuh. Semua pihak diminta berunjuk rasa secara damai. Bukan hanya itu. Dia juga menyarankan massa di luar Ibu kota untuk tidak datang ke Jakarta. Dia meminta agar mereka melakukan aksi di tempatnya masing-masing.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya