Demo Buruh di Jakarta Tetap Digelar 2 Desember

Presiden KSPI, Said Iqbal.
Sumber :
  • Anwar Sadat - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) tetap akan menggelar aksi demonstrasi buruh dan mogok kerja nasional pada 2 Desember 2016, meski ada Aksi Bela Islam Jilid III pada hari yang sama di Jakarta. Aksi buruh itu akan dilaksanakan dalam bentuk unjuk rasa di 20 provinsi dan 250 kabupaten/kota.

Daftar Lengkap UMP 2024 di 32 Provinsi, Ini yang Tertinggi dan Terendah

"Dari awal kami tegaskan, aksi kami terpisah dengan GNPF MUI. Namun demikian, tidak kami pungkiri, ada irisan isu yang sama, yakni terkait dengan tuntutan penjarakan Ahok," ujar Presiden KSPI, Said Iqbal, dalam keterangannya kepada VIVA.co.id, Selasa, 29 November 2016.

Selain persoalan Ahok, menurut Iqbal, persoalan utama aksi buruh adalah menyuarakan agar PP 78/2015 dicabut. Saat ini KSPI sedang melakukan judicial review terhadap PP 78/2015 di Mahkamah Konstitusi.

UMP Lampung 2024 Cuma Naik 3,6 Persen, Pemerintah Dianggap Tidak Berpihak ke Buruh

Menurut Iqbal, kurang lebih dari 200 ribu buruh di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Karawang akan berunjuk rasa di depan Istana Negara dengan titik kumpul di depan Balai Kota DKI Jakarta.

Berbeda dengan GNPF MUI yang melakukan aksi sampai salat Jumat, kata Iqbal, buruh akan melakukan aksi hingga sore hari.

UMP Sumut Hanya Naik 3,67 Persen, DPRD Desak Pemprov Kendalikan Harga Bahan Pokok

(ren)

Ilustrasi suasana Ibu Kota Jakarta sebagai pusat bisnis.

UMP dan UMK 2024 Cuma Naik Tipis, RI Akan Terlambat Jadi Negara Maju

Ekonom menilai rendahnya kenaikan upah minimum provinsi (UMP) upah minimum kota/kabupaten (UMK) di 2024 ini akan memperlambat Indonesia untuk menjadi negara maju.

img_title
VIVA.co.id
5 Desember 2023