Kapolda: Kemayoran Jadi Tempat Parkir Alternatif untuk 212

Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya di Monas
Sumber :
  • VIVA.co.id / Danar Dono

VIVA.co.id – Puluhan ribu aparat gabungan TNI dan Polri akan mengamankan jalannya aksi damai Bela Islam III yang digelar di Monas, Jumat 2 Desember 2016. Acara tersebut akan diisi oleh tausiah dari beberapa ustaz dan diakhiri salat Jumat.

Siap-siap Menyaksikan Batu Bercahaya Lewat Usai Subuh

Untuk menghindari kemacetan parah, polisi sudah menyiapkan sejumlah kantong parkir alternatif di beberapa kawasan di Jakarta. Salah satunya di Kemayoran. Selain itu, polisi juga menyediakan bus untuk mobilitas peserta aksi usai salat Jumat.

"Kantong parkir di Kemayoran nanti kan itu luas. Kita juga sediakan 200 bus untuk membantu pergerakan balik jika diperlukan," ujar Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Iriawan di kawasan Monas, Jakarta, Kamis, 1 Desember 2016.

Jalan di Monas Dibuka, Polisi Harap Massa Reuni 212 Tak Datang Lagi

Selain bus, perlengkapan zikir juga telah disediakan meski tidak secara keseluruhan, namun, petugas telah menyiapkan perlengkapan secara teratur.

"Kita rencana juga akan gelarkan karpet atau sajadah,tempat wudu, air bersih, toilet dan lainnya, kemarin kesepakatan panitia aksi menyiapkan panggung, kami siapkan tenda," ujar Iriawan.

Polisi Ungkap 500 Simpatisan Reuni 212 Sempat Coba ke Monas

Terkait apakah akan ada pemeriksaan barang bawaan peserta aksi, Iriawan menegaskan tidak akan ada screening ataupun pengecekan barang bawaan. Menurutnya hal tersebut tak diperlukan karena tujuan kegiatan adalah ibadah bersama.

"Tidak ada pemeriksaan, orang mau ibadah kok, paling ya bawa sajadah tasbih sejenisnya," ujarnya menambahkan.

Pangdam Jaya, Mayjen Teddy Lhaksmana meyakinkan, bahwa situasi Jakarta akan tetap kondusif selama kegiatan berlangsung. Ia mengimbau agar masyarakat tak takut dan was-was dengan adanya aksi tersebut.

"Intinya kita akan tetap jaga kondusif, Jakarta aman," ujarnya berseru bersama Kapolda dan pejabat lainnya.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya